Cara Paling Cepat Untuk Memulai Bisnis Online

Thursday, August 3, 2017

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Cara Paling Cepat Untuk Memulai Bisnis Online  "

Disusun Oleh:
Muhammad Abdul Iradat
12.11.5769



PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2017

I. ABSTRAK


Bagi seseorang yang masih baru dan akan memulai terjun dalam bisnis online sudah tentu akan merasa kesulitan dari mana dan apa saja persiapan yang perlu dilakukan sebagai modal awalnya. Tidak jauh berbeda dengan usaha bisnis offline, dimana akan terdapat banyak sekali pilihan ragam serta jenis kegiatan online yang bisa menghasilkan uang dari internet dan tentunya hal ini harus disesuaikan juga dengan keahlian atau kemampuan yang dikuasai.

II. ISI

Terdapat beberapa konsep yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis online dan mendapat penghasilan dari internet. Sebenarnya ada banyak konsep yang bisa dijadikan referensi untuk memulai bisnis online. Tetapi, dibawah ini hanya 3 contoh bentuk kegiatan online yang dapat dilakukan sebagi usaha memperoleh pendapatan finansial dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya.

1. Berjualan online atau membuat toko online

Untuk saat ini membangun sebuah toko online bukan merupakan hal yang sulit karena sudah banyak sekali bentuk program atau sistem yang disediakan oleh para pengembang web berupa Conten Management System (CMS) yang mana kita tinggal menginstal pada sebuah hosting kemudian menggunakannya untuk memasarkan produk yang akan kita jual.

Modal yang dibutuhkan:
Nama Domain [dot com] Rp 150 ribu pertahun
Hosting medium Rp 350 ribu pertahun

Memiliki toko online bukan berarti kita wajib mempunyai barang atau produk sendiri. Sekarang ini sudah banyak sistem online shop yang mana mereka menawarkan barang dagangan milik orang lain atau bahkan milik dari toko online lainnya.

Jenis bisnis online seperti ini lebih populer dikenal dengan istilah sistem dropship atau bahasa umumnya adalah seperti reseller dimana kita sebagai penjual akan memperoleh keuntungan dari produk yang berhasil kita pasarkan hingga terjadi transaksi penjualan.

Mengikuti model bisnis dropship dari sebuah suplier produk besar akan lebih memudahkan kita dalam mengelola toko online yang kita bangun karena tidak perlu lagi disibukkan dengan pengadaan barang. Dan pihak suplier akan mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen dengan mengatasnamakan toko online kita agar lebih profesional dan semakin memperoleh kepercayaan penuh dari konsumen.

Jika membangun web toko online sendiri anda merasa belum mampu, maka masih ada peluang belajar berjualan online menggunakan akun sosial media.

2. Membuat blog atau website dari yang berbayar ataupun gratisan


Poin kedua ini sebenarnya adalah pondasi atau dasar dari segala bentuk bisnis online yang mana semua kegiatan di internet saat ini tidak akan bisa lepas dari peranan sebuah blog atau web. Membuat website sekarang sudah cukup mudah bahkan untuk seorang pemula dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam bidang pemrograman ataupun harus mengikuti kursus IT yang akan memakan waktu lama.

Untuk seorang pemula dan ingin mencoba menerjuni bidang ini, sementara cukup belajar dari sebuah platform web atau blog gratisan sudah cukup mumpuni untuk dijadikan lahan bisnis di internet. Dimana tempat memperoleh tutorial atau panduan lengkap cara membangun sebuah web dan blog hingga bisa menghasilkan uang? Cari saja di google yang banyak dibagikan secara cuma cuma oleh para blogger.

Untuk memperdalam ilmu tentang bagaimana cara mendesain, optimasi serta pengelolaan web atau blog yang baik, anda bisa bergabung mengikuti forum seperti ads.id yang saat ini menjadi rujukan terpercaya para blogger indonesia.

Kemudian apa yang harus dilakukan setelah memiliki website?

Jika web yang kita kelola sudah mampu memperoleh pengunjung, maka peluang untuk menjadikannya lahan bisnis menghasilkan uang dari internet telah terbuka lebar. Dan perlu anda ingat bahwa pengunjung web tersebut adalah aset berharga yang nantinya akan menjadi tolak ukur kesuksesan dari bisnis online ini.

Apa bedanya web berbayar dengan web gratisan, keduanya hanya berbeda dari hak kepemilikan saja yang mana jika berbayar adalah sepenuhnya mulai dari nama domain serta file yang ada didalamnya merupakan milik pengelola.

Sedangkan web gratisan seperti wordpress.com dan blogger.comkeduanya adalah tempat anda menumpang untuk melakukan aktifitas online. Cara menjadikan sebuah blog sebagai lahan bisnis yang menghasilkan uang bisa dimulai dengan mengikuti program periklanan.

Pemilik blog akan dibayar oleh pihak pengiklan jika ada sebuah transaksi yang melibatkan dari tayangan iklan pada website tersebut seperti klik ataupun dari jumlah tayangannya saja. Model bisnis internet inilah yang paling menjadi favorit para blogger karena dengan modal yang relatif kecil bahkan bisa nyaris tanpa modal, namun mampu memberikan hasil yang luar biasa.

Yang pasti, untuk membangun sebuah web atau blog mulai dari awal hingga dapat memberikan hasil yang memadai, kita harus benar benar memiliki cukup waktu belajar dan mengelolanya, karena biasanya mereka yang gagal dalam bisnis ini selalu menyerah pada bulan bulan pertama dengan alasan web mereka tidak bisa mendapatkan pengunjung.

3. Mengikuti program affiliasi (Affiliate Marketing)


Setelah memiliki blog dan berhasil mendatangkan pengunjung, maka peluang bisnis internet lainnya yang pantas anda coba selain mengikuti program periklanan adalah bergabung dalam bisnis affiliasi. Affiliasi sendiri didalam dunia offline bisa disebut seorang makelar yang mana mereka akan memperoleh komisi dari apa yang telah mereka lakukan untuk orang lain.

Pada dunia online, program affiliasi memang lebih menjanjikan jika kita mampu merekomendasikan sebuah produk kepada orang lain sehingga mereka tertarik pada apa yang kita tawarkan hingga terjadi sebuah transaksi. Contoh paling sederhana adalah dengan mengikuti bisnis affiliasi di sebuah website toko online lokal seperti Lazada ataupun yang tingkat dunia seperti Amazon.

Dari kedua toko online tersebut akan dibayar komisi jika website anda mampu memberikan kontribusi ikut menawarkan produk mereka sampai terjadi penjualan. Nilai komisi yang diberikan bisa mencapai 5% dari penjulan sehingga semakin besar transaksi yang terjadi pada blog anda maka penghasilan online yang anda peroleh juga akan cepat meningkat.

Referensi :

- http://centrausaha.com/bisnis-online/



Thursday, August 03, 2017

0 comments:

Post a Comment