Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia

Wednesday, June 21, 2017


Mungkin dimasa lalu, untuk terbang mungkin hanya sebuah mimpi. Namun, dengan perkembangan jaman dan teknologi semua mimpi itu bisa jadi kenyataan. Evolusi industri penerbangan telah berkembang dengan cepat. Dari apa yang dikembangkan oleh Wright brothers sekarang telah menjadi praktek revolusioner yang memungkinkan pesawat digunakan sebagai angkutan umum massal ke berbagai belahan dunia. Hari ini, ada banyak pesawat yang telah melampaui kecepatan suara. Bahkan, bahkan beberapa pesawat telah melebihi 2 Mach ( Mach = ukuran kecepatan suara). Dengan adanya Pesawat tercepat yang melebihi kecepatan suara, itu membuktikan betapa jauh penerbangan dan teknik modern berkembang.

Sebagian besar pesawat tercepat ini adalah jenis pesawat tempur/militer. Pesawat tersebut di desain dimaksudkan untuk menyusup ke wilayah musuh, dan bahkan untuk melakukan pengeboman.


Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia

10. Sukhoi Su-27
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
Sukhoi Su-27
Sukhoi Su-27 adalah pesawat buatan Rusia yang sebanding dengan F-15 buatan Amerika. Kecepatan tertinggi dari pesawat ini adalah 2.35 mach ( 2901.78 kilimoter per jam). Pesawat ini dimaksudkan untuk menjadi pesaing langsung F-14 Tomcat serta F-15. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985, lebih dari 800 unit telah dibuat.

Peran utama Su-27 adalah untuk pertahanan udara jarak jauh. Dan digunakan juga sebagai pesawat pendamping untuk pesawat pembom. Namun, selain menjadi salah satu pesawat tercepat, ada juga beberapa perkembangan dari segi desain. Salah satunya adalah Su-30 yang memiliki 2 kursi tempur dan tahan di semua kondisi cuaca. Sebuah versi yang sama dari pesawat ini juga dibangun oleh Cina dengan nama Shenyang J-11.

9. General Dynamics F-111
F-111
F-111 pertama kali memasuki AS pada tahun 1960-an. Pada awal tahun 70an, Royal Australian Air Force telah memesan jenis pesawat ini. Selama bertahun-tahun, F-111 dianggap sebagai pelopor untuk beberapa teknologi termasuk afterburning turbofan engines dan sweep swings. Termasuk juga perkembangan radar otomatis yaitu Terrain-following radar (TFR) yang berguna selama penerbangan kecepatan tinggi di tingkat rendah. Kecepatan tertinggi F-111 adalah mach 2,5 (30870 kilimoter per jam).

Pada tahun 1990-an, produksi pesawat ini telah dihentikan. Ada 563 unit F-111 dibuat untuk Angkatan Udara AS dan Royal Australian Air Force.

8. McDonnell Douglas F-15 Eagle
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
McDonnell Douglas F-15 Eagle
Pesawat ini dilengkapi dengan mesin Twin dan sebagai pesawat tempur untuk segala cuaca. Dirancang oleh McDonnell Douglas, yang kini berubah nama menjadi Boeing. F-15 Eagle pertama melakukan penerbangan di 27 Juli 1972 dan diperkenalkan 4 tahun setelah penerbangan pertamanya. Yang membuat F-15 Eagle menjadi favorit di antara banyak negara adalah kemampuannya untuk manuver terutama dalam duel udara dan dianggap sebagai pesawat tempur yang paling sukses.

Karena popularitasnya, banyak negara telah menggunakan pesawat tempur ini. Israel, Arab Saudi, Jepang dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang telah menggunakan pesawat ini untuk pertahanan mereka. Pesawat ini dapat terbang 2,5 kali lebih cepat daripada kecepatan suara.

7. Mikoyan MiG-31
Mikoyan MiG-31
Mikoyan MiG-31 juga dikenal sebagai Foxhound, Mikoyan MiG-31 adalah pesawat pencegat yang telah dikembangkan oleh Uni Soviet. Ini dibuat untuk menggantikan MiG-25. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Mikoyan MiG-31 masih digunakan oleh Angkatan Udara Rusia dan Kazakhstan Air Force. Departemen Pertahanan Rusia diperkirakan akan terus menggunakan MiG-31 hingga 2030.

Apa yang membuat MiG-31 unik adalah pesawat itu bisa terbang tinggi dan rendah dalam kecepatan supersonik, karena pesawat ini dilengkapi mesin twin yang kuat. Produksi pesawat ini dimulai dari tahun 1975 hingga tahun 1994. Jumlah unit yang telah dibuat diperkirakan lebih dari 500. Di ketinggian, kecepatan pesawat bisa mencapai 2.83 mach (3494.484 kilimoter per jam). sedangkan di ketinggian rendah, dapat mencapai hingga 1.23 mach (1518.804 kilimoter per jam).

6. XB-70 Valkyrie
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
XB-70 Valkyrie
XB-70 Valkyrie adalah pesawat tempur dengan enam mesin yang dapat mempercepat pesawat degan bobot 240.000 kilogram ke tiga kali kecepatan suara. Oleh karena itu, daerah badan pesawat akan mengeluarkan panas. Beberapa daerah pada badan pesawat bahkan bisa mencapai hingga 330° C.

Kecepatan tersebut memiliki dua fungsi tertentu. Satu, dirancang untuk mencapai tiga kali kecepatan suara karena digunakan untuk melarikan diri pesawat Soviet. Kedua, dirancang untuk menghindari ledakan nuklir. Tidak seperti pesawat lainnya, XB-70 Valkyrie hanya dibuat dua unit. Selain itu, pesawat jenis ini telah dihentikan.

5. Bell X-2 Starbuster
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
Bell X-2
Bell X-2, dijuluki sebagai Starbuster. Tidak seperti pesawat lain, ini adalah pesawat penelitian. Meskipun demikian, hal itu layak untuk dianggap sebagai bagian dari pesawat tercepat di dunia. Tujuannya adalah untuk menemukan efek terbang saat mencapai kecepatan antara 2-3 Mach.

Dikembangkan pada tahun 1945. Dibuat menggunakan mesin roket. Tujuannya adalah untuk meneliti masalah aerodinamis cepat panas yang dapat terjadi selama penerbangan dengan kecepatan tinggi. Pesawat ini tidak dikembangkan dalam waktu singkat, butuh beberapa waktu karena kebutuhan untuk bahan tahan suhu dan teknologi yang bisa memenuhi kebutuhan pesawat ini.

Hanya ada dua Bell X-2 yang dibuat. Namun, selama bertahun-tahun tetap digunakan sebagai bahan penelitian untuk mengembangkan pesawat yang kita nikmati hari ini. Pada kenyataannya, satu-satunya masalah yang dihadapi ketika mendekati 3 Mach adalah stabilitas dan kontrol pesawat.

4. Mikoyan MiG-25
Mikoyan MiG-25
Mikoyan MiG-25 Atau dikenal sebagai Foxbat, adalah pesawat militer tercepat yang dibuat. Pesawat ini adalah contoh teknologi pesawat yang canggih buatan Soviet. Dibuat dan didesain menggunakan baja stainless. Prototipe pertama terbang pada tahun 1964. Setelah beberapa tahun, pada tahun 1970 pesawat ini dikenalkan. Kecepatan tertinggi MiG-25 adalah 2.85 Mach. Selain menjadi salah satu pesawat tercepat di dunia, juga memiliki sejumlah firepower. Seperti radar yang dapat mendeteksi rudal.

3. Lockheed YF-12
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
Lockheed YF-12
Lockheed YF-12 adalah pesawat pencegat yang dirancang untuk Angkatan Udara AS. Desain keseluruhan berdasar pada bagian atas pesawat pengintai Lockheed A-12. Yang membuat pesawat tersebut menjadi sebuah pesawat yang luar biasa adalah kemampuannya untuk terbang lebih dari 2.000 mil per jam.

Lockheed YF-12 tidak pernah diproduksi secara massal. Hanya tiga model YF-12 yang dibuat. Setiap pesawat membutuhkan biaya pembuatan sekitar $15 - $18 juta. Namun, kita tidak dapat menyangkal pentingnya pesawat ini di militer karena membuka jalan bagi pesawat yang lebih baik seperti SR-71. Kecepatan pesawat ini dapat mencapai 3.2mach diketinggian 74.000 kaki.

2. Lockheed SR-71 Black Bird
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
Lockheed SR-71 Blackbird
Lockheed SR-71 Blackbird dianggap sebagai sebuah pesawat pengintaian yang beroperasi di bawah kendali Amerika Serikat. Pesawat ini dikembangkan dari Lockheed A-12 tahun 1960-an. Tujuannya adalah untuk keluar dari ancaman selama menjalankan misi. Hal lain tentang Lockheed SR-71 adalah didesain untuk mengurangi tangkapan radar.

Pesawat ini hanya diproduksi dalam jumlah kecil. Hanya 32 pesawat model ini yang digunakan. Sayangnya, 12 unit hilang karena kecelakaan, bukan karena pertempuran. Pesawat ini telah dihentikan produksinya pada tahun 1966. Mempunyai kecepatan  3 + Mach

1. North American X-15
Top 10 Pesawat Tercepat Di Dunia
North American X-15
Pesawat yang satu ini bisa mencapai ruang angkasa. Kecepatannya bisa mencapai 6.72 Mach atau sekitar 4,520 mil per jam, tidak mengejutkan dengan kecepatan tersebut karena pesawat ini mempunyai tenaga hipersonik. Ini adalah sebuah pesawat eksperimental kecepatan tinggi dengan tenaga roket yang diperkenalkan pada tahun 1959. Jarak terbang North American X-15 dibuat melebihi ketinggian 80 kilometer, dengan demikian pesawat ini sudah digolongkan sebagai astronot. 

X-15 telah mengalami evolusi. Misalnya, penerbangan pertama pesawat, dibuat menggunakan dua mesin roket. Untuk penerbangan selanjutnya, menggunakan mesin roket XLR99 tunggal yang menggunakan ethyl alcohol dan nitrogen cair.



Wednesday, June 21, 2017

0 comments:

Post a Comment