Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Sunday, June 11, 2017

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Secara Alami. Siapa sih yang tidak mengenal yang namanya asam urat? Pasti sudah pada tahu,atau bahkan pernah mengalaminya. Asam urat merupakan penyakit yang banyak sekali menyerang usia separuh baya dan usia tua. Banyak sekali faktor yang menyebabkan orang terkena asam urat antara lain dikarenakan mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol dan beberapa penyebab lainnya.

Pada dasarnya asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh sisa dari metabolisme zat purin yang merupakan bentuk sisa makanan yang telah anda konsumsi sebelumnya. Jadi intinya, orang terkena asam urat dikarenakan penumpukan dari zat purin dalam tubuhnya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin akan menyebabkan orang akan terkena penyakit asam urat ini.

Lalu apakah purin itu? Purin merupakan zat yang terdapat dalam semua bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup. Jadi semua mahluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan mempunyai kandungan zat purin. Dan penumpukan purin yang berlebihan dalam tubuh manusia itulah penyebab dari asam urat.

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Banyak sekali penyebab penyakit dari asam urat dan kita harus terlebih dahulu mengetahui, apa saja penyebab dari penyakit asam urat untuk dapat mencegah dan menghindarinya. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, karena merupakan penyebab dari asam urat.

- Mengkonsumsi buah dan makanan yang banyak mengandung zat purin.
- Mengkonsumsi makanan yang berbentuk kacang kacangan seperti emping dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat.
- Mengkonsumsi kepiting dan ikan laut yang banyak kandungan zat purin.
- Kondisi tubuh yang kurang berolah raga dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi

Dari tiga penyebab asam urat diatas, semua pada intinya adalah dikarenakan penumpukan zat purin dalam tubuh kita. Lalu bagaimana cara mengetahui gejala bahwa kita terkena penyakit asam urat?

Berikut adalah gejala gejala bahwa kita terkena asam urat.

Salah satu bagian dari tubuh merasa ngilu dan kesemutan, biasanya pada lengan tangan atau kaki, baik yang sebelah kiri ataupun sebelah kanan

Sendi badan terasa kaku, badan serasa berat dan sakit seperti orang yang baru saja bekerja keras secara fisik. Dimana terasa lesu dan kurang bergairah. Jika sudah terlalu lama, sendi akan terasa sangat kaku dan sakit bila digerakkan, terutama pada persendian tangan dan pada ruas jari jari tangan kita terasa sangat kaku.

Setelah kita ketahui penyebab dan gejala gejalanya, kini kita bahas mengenai bagaimana cara untuk menyembuhkan asam urat secara alami. Berikut adalah beberapa cara tradisional dan sederhana peninggalan leluhur kita mengenai cara untuk mengatasi asam urat secara alami tanpa zat kimia.

- Atasi asam urat dengan ubi jalar merah

Ubi jalar merah sangat bagus untuk menyembuhkan asam urat secara alami. Caranya adalah dengan mencampur ubi jalar merah dengan cengkeh lalu kayu manih dan jahe merah. Komposisi disesuaikan. Tambahkan kapolaga dan merica serta gula merah secukupnya. Kemudian direbus dengan air. Setelah itu dinginkan dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari. Ubi jalar langsung bisa dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan asam urat.

- Penyembuhan asam urat dengan buah pare

Buah pare yang dibuang bijinya kemudian dicuci dan direbus dengan air, kemudian ambil air hasil rebusan tersebut untuk dikonsumsi dan diminum sehari sekali

Dua cara diatas adalah cara alami mengatasi dan mengobati penyakit asam urat dengan lebih aman dan sehat tanpa zat kimia.



Sunday, June 11, 2017

0 comments:

Post a Comment