Cara Root Menggunakan Magisk Di Android

Saturday, June 24, 2017

Magisk Manager adalah sebuah aplikasi untuk mengelola aplikasi Magisk. Tapi apa itu Magisk? Magisk adalah alternatif dari Chainfire's SuperSU yang bisa kita gunakan jika ingin melakukan Root pada smartphone Android . Magisk dikembangkan oleh XDA developer, topjohnwu. Pada dasarnya, Magisk jauh lebih baik daripada SuperSU dalam beberapa aspek. Tidak heran hal ini menjadi pilihan utama para pengembang Custom ROM. Tidak seperti SuperSU yang hanya memberikan atau menolak hak akses root untuk beberapa aplikasi tertentu, Magisk dapat menyembunyikan Root dari aplikasi dengan sangat baik. Seperti contoh, aplikasi perbankan atau Pokemon GO tidak bisa bekerja dismartphone yang terlah ter-root kecuali anda menggunakan Magisk untuk melakukan Root.

Cara Root Menggunakan Magisk Di Android
Cara Root Menggunakan Magisk Di Android

Magisk bekerja secara Systemless
, sehingga tidak mengubah partisi sistem dengan cara apapun. Hal ini berarti kita masih dapat menginstall OTA update resmi tanpa kehilangan root. Metode rooting menggunakan Magisk didasarkan pada phh's SuperUser yang merupakan solusi rooting Open source untuk Android.

Magisk dikemas sebagai Universal Systemless Interface yang dapat digunakan oleh pengembang untuk membangun sebuah Custom MODs untuk perangkat Android tanpa mengubah sistem file. Seperti Xposed Framework. Meskipun, Modul Magisk adalah hal yang sangat baru dibandingkan dengan Modul Xposed dan masih terdapat beberapa kekurangan jika anda meng-compare nya dengan modul Xposed.

Cara Root Menggunakan Magisk Di Android :

1. Root menggunakan Magisk cukup mudah dilakukan. Tetapi, tidak semua perangkat Android mendukung Magisk sehigga terkadang smartphone mengalami bootloop. Jadi, backup terlebih dahulu data penting anda.

2. Download Magisk atau check versi terakhir dari Magisk disini

3. Setelah download selesai, pindahkan ke smartphone

4. Matikan smartphone dan masuk ke mode recovery (gunakan kombinasi tombol sesuai perangkat yang anda gunakan)
5. Jika anda menggunakan TWRP recovery, pilih Install.

6. Cari dan pilih file Magisk.zip

7. Swipe untuk memulai proses flash

8. Proses install akan memodifikasi boot image dari perangkat dan membuat partisi magisk.img di direktori root smartphone. Juga akan menyimpan file yang diperlukan dalam partisi /cache dan /data.

9. Meskipun, jika telah melakukan root menggunakan aplikasi selain MagiskSU, Magisk phh superuser atau Chainfire’s systemless SuperSU, installer akan mencoba untuk menghapus binari dan aplikasi root dari partisi sistem. Jika tidak, hal tersebut tidak akan menyentuh sistem.

10. Jika proses telah selesai, pilih Reboot System

11. Selesai.

Cara Menggunakan Magisk Manager

Jika perangkat mengalami bootloop atau tidak bisa boot, kembali ke TWRP recovery dan restore cadangan yang sebelumnya telah dibackup. Tetapi jika perangkat boot secara normal,  download dan install Magisk Manager. Magisk Manager merupakan sebuah aplikasi seperti SuperSU dan Xposed Installer yang digabung menjadi satu. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengelola settingan root serta menginstall modul - modul Magisk.

Untuk menyembunyikan root dari aplikasi, lakukan pengaturannya di Magisk Settings. Swipe layar dari kiri kekanan dan pilih Settings. Aktifkan pilihan Magisk Hide. Pilih aplikasi yang ingin anda sembunyikan dari hak akses root. 

Modul Magisk

Magisk manager memiliki bagian download seperti Xposed Installer yang dapat diakses dari menu navigasi samping. Pada menu Download, tersedia berbagai modul yang dapat anda install. Dibawah ini beberapa modul yang bisa anda install dan gunakan.



Saturday, June 24, 2017

0 comments:

Post a Comment