6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Monday, June 12, 2017

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan – Buah mengkudu memiliki nama lain di beberapa daerah tertentu yakni cangkudu, kodhuk, kemudu, wengkudu, dan lain-lain. Buah dengan nama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak sekali manfaat dan sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Buah yang masih muda biasanya digunakan untuk campuran rujak, sedangkan buah yang sudah tua sering digunakan untuk pengobatan alami. Lalu apa saja Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan? Berikut ini kami telah merangkum ulasan singkatnya untuk anda. Selamat menyimak!

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan 

6 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Mengatasi Hipertensi

Penderita hipertensi bisa menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah mereka. Caranya pun sangat sederhana, yaitu cukup menyediakan dua buah mengkudu yang sudah masak dengan satu sendok madu asli. Peras kedua buah mengkudu tersebut lalu ambil airnya. Campurkan air hasil perasan dengan madu. Ramuan ini akan menunjukkan hasil jika diminum secara rutin dua hari sekali.

Menyembuhkan Batuk

Buah mengukudu bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi anda, karena bisa mengobati penyakit batuk dengan cara mudah dan ekonomis. Cara penggunaannya adalah dengan menjadikan buah mengkudu sebagai ramuan. Bagaimana cara membuatnya? Sediakan satu buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Rebus kedua bahan tersebut dalam dua gelas air putih, tunggu hingga menyisakkan satu gelas. Setelah itu saring air hasil rebusan dan minum secara rutin dua kali sehari pagi dan sore.

Mengobati Sakit Perut

Selain buahnya, daun mengkudu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Daun mengkudu bisa dijadikan sebagai obat sakit perut. Jika suatu saat anda mengalami sakit perut, maka gunakanlah daun mengkudu sebagai ramuan alami. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan 3 lembar daun mengkudu lalu dicampur dengan garam. Seduh campuran tersebut dengan air panas, lalu saring airnya. Minum air hasil saringan secara rutin sampai rasa sakit perut berangsur-angsur hilang.

Mengobati Sakit Kuning

Penderita sakit kuning bisa menempuh pengobatan murah dengan memanfaatkan buah mengkudu. Caranya adalah dengan memeras dua buah mengkudu sampai keluar air, lalu air tersebut dicampur dengan satu sendok madu. Jika diminum secara rutin tiap hari, maka hal tersebut akan berperan aktif dalam proses penyembuhan sakit kuning.

Mengatasi Kulit Bersisik

Buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit, yaitu untuk mengatasi masalah kulit bersisik. Caranya adalah dengan menghaluskan satu buah mengkudu, lalu dioleskan pada area kulit yang besisik secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu cuci dengan air bersih.

Mengatasi Demam

Jika anda mengalami demam ringan, jangan buru-buru ke dokter untuk mendapat resep obat. Sebaiknya lakukan dulu cara-cara yang bersifat alami seperti memanfaatkan buah mengkudu. Ya, buah yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi demam ataupun influenza. Caranya adalah dengan merebus buah mengkudu dengan 1 rimpang kencur dalam dua gelas air, lalu diamkan hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan tersebut secara rutin.


Itulah beberapa Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan. Luar biasa bukan? Buah tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik jika anda sudah mengetahui macam-macam khasiatnya bagi kesehatan. Dengan mengetahui fakta di atas, maka sudah sepatutnya anda lebih bisa memanfaatkan buah tersebut dengan optimal. Di samping itu, buah mengkudu juga bisa didapat dengan mudah di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi anda karena bisa membelinya dengan murah tanpa harus jebol kantong. Sekian ulasan kami tentang Manfaat Buah Mengkudu, semoga bermanfaat.



Monday, June 12, 2017

0 comments:

Post a Comment