19 Fakta Tentang Fidel Castro Sang Tokoh Revolusi

Thursday, June 22, 2017

Fakta Tentang Fidel Castro. Fidel Alejandro Castro Ruz (lahir di Birán, Provinsi Holguín, Kuba, 13 Agustus 1926 – meninggal di Havana, Kuba, 25 November 2016 pada umur 90 tahun) adalah Presiden Kuba dan seorang tokoh revolusi Kuba. Revolusi Kuba merupakan pemberontakan bersenjata untuk menggulingkan diktator Kuba Fulgencio Batista y Zaldívar yang ditunggangi Amerika Serikat pada tanggal 1 Januari 1959 oleh Movimiento 26 de Julio yang dipimpin oleh Fidel Alejandro Castro Ruz (Sumber : Wikipedia).

19 Fakta Tentang Fidel Castro Sang Tokoh Revolusi
19 Fakta Tentang Fidel Castro Sang Tokoh Revolusi


19 Fakta Tentang Fidel Castro Sang Tokoh Revolusi

1. Fidel Castro memimpin Kuba selama 5 dekade. Dia menjadi orang ketiga pemimpin negara terlama setelah Queen Elizabeth dan King of Thailand.

2. Meskipun adanya percobaan pembunuhan, invasi dan  sanksi ekonomi selama lima dekade, Fidel Castro menjabat lebih lama dari sembilan Presiden AS, mulai dari Eisenhower ke Clinton.

3. CIA pernah menggunakan obat yang mengandung bahan kimia ke Fidel Castro sehingga membuat janggutnya rontok

4. Fidel Castro memegang rekor untuk pidato terpanjang yang pernah disampaikan kepada Perserikatan Bangsa-bangsa selama 4 jam 29 menit, pada tanggal 26 September 1960.

5. Fidel Castro lahir pada hari jumat tanggal 13

6. Pada tahun 1940, Fidel Castro (umur 12 tahun) menulis surat kepada Presiden Roosevelt F. untuk meminta uang kertas senilai $10 karena ia belum pernah melihatnya.

7. Operasi CIA untuk menyerang Kuba dan menjatuhkan Castro dijuluki "Operation Castration. (Operasi pengebirian)".

8. Fidel Castro mengatakan bahwa ia menggunakan sepuluh hari kerja setiap setahun untuk mencukur janggutnya

9. Pada tahun 2007, CIA merilis dokumen yang menyatakan kerjasamanya dengan mafia Italia di tahun 1960 adalah usaha yang gagal untuk membunuh Fidel Castro.

10. Ada satu toko daging kosher di Kuba yang sering di tempati Fidel Castro untuk tinggal dan melayani 1.500 orang yang berlatih Yudaisme.

11. Tiga anak Fidel Castro dinamai seperti Alexander yang Agung: Alexis, Alejandro dan Alexander.

12. Saat Fidel Castro memimpin Kuba, Ia memerintahkan untuk mengahncurkan semua permainan monopoly

13. Nelson Mandela pernah menulis buku bersama Fidel Castro

14. Karena Fidel Castro telah memutuskan untuk tidak membuat pemujaan kepribadian, oleh karena itu di Kuba tidak ada jalan, bangunan, lembaga atau daerah bernama untuknya.

15. Fidel Castro bertanggung jawab secara pribadi atas kekerasan yang di derita kaum homoseksual di Kuba

16. Pada tahun 1964, Fidel Castro melarang band The Beatles dan band - band lainnya untuk konser. di Kuba. Tetapi ia berubah pikiran 2 tahun setelahnya

17. Pada akhir abad 19, Ayah Fidel Castro bergabung dengan militer spanyol untuk melawan kemerdekaan Kuba

18. Fidel Castro merubah negara Kuba menjadi negara komunis pertama di wilayah bagian barat ( Western Hemisphere )

19. Fidel Castro pernah mengikuti Kongres sebagai calon oposisi Partai ortodoks. Tetapi pemilihan berlangsung singkat karena sebuah kudeta yang dilakukan oleh Batista.



Thursday, June 22, 2017

0 comments:

Post a Comment