Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Saturday, May 06, 2017
Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang dikeluarkan dan di kembangkan oleh Microsoft. Sampai saat ini Microsoft Windows memiliki beberapa macam versi, yang terbaru adalah Microsoft Windows 10. Bagi anda pengguna windows mungkin pernah mendengar windows 32 bit dan 64 bit, tapi apakah anda tahu perbedaannya? manakah dari keduanya yang cocok untuk komputer/laptop anda? Jika anda belum tahu perbedaannya, dibawah ini akan Bekaskaki jelaskan perbedaan 32 bit dan 64 bit.

Tetapi, sebelum itu Bekaskaki akan menjelaskan apa yang di maksud dengan "bit". Bit adalah satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi. Satuan ukuran tersebut di gunakan untuk menunjukkan cara komputer menangani informasi dalam kode binary, di mana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0.



Untuk melihat apakah anda menggunakan versi 32 bi atau 64 bit bisa dengan cara sebagai berikut :
  • Klik start - klik kanan Computer

  • Klik Properties
Perbedaan Windows  32bit dan 64bit :

Memori :

Kapasitas memori merupakan salah satu faktor pendukung teknologi 64-bit dikembangkan. Prosesor 32-bit hanya mendukung memori dengan kapasitas maksimal hingga 4GB sedangkan 64-bit bisa mendukung memori hingga 192GB. misalnya saja sistem operasi Windows 7 64-bit, kita bisa memaksimalkan penggunaan memori. Apabila menggunakan Windows 7 versi 32-bit maka windows hanya akan mengenali RAM sebesar 4GB saja (meskipun RAM yang terpasang sebesar 8 GB). Sedangkan dengan menggunakan Windows 7 64-bit maka besarnya memori yang terpasang tersebut akan seluruhnya bisa dimanfaatkan.

Performa:

Walaupun kita tidak bisa merasakan secara langsung perbedaannya, prosesor 64-bit jauh lebih baik dibandingkan prosesor 32-bit dalam segi performa. Contoh, sebuah proses memerlukan nilai komputasi  128 bit. Dengan prosesor 32-bit, proses tersebut akan diselesaikan dengan dua kali putaran mengingat prosesor 32-bit hanya bisa menampung 64 nilai komputasi. Sedangkan dengan menggunakan prosesor 64-bit proses, bisa diselesaikan hanya dengan satu kali putaran. Karena prosesor 64-bit bisa menampung 256 nilai komputasi.

Aplikasi:

Dari sisi aplikasi, kelebihan prosesor 64-bit bisa menjalankan aplikasi yang dibuat dengan arsitektur 32-bit maupun 64-bit itu sendiri. Lain halnya dengan prosesor 32-bit yang hanya bisa menjalankan aplikasi atau software 32-bit saja.

Kesimpulan dari perbedaan di atas, jika kamu hanya memiliki RAM 4 GB atau kurang, lebih baik menggunakan sistem operasi 32 bit saja ( umumnya notebook ). Sedangkan jika menggunakan memori yang besar bisa menggunakan sistem operasi 64 bit.

Sekian dulu perbedaan secara umum tentang windows 32 bit dan 64 bit. Terima kasih, Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar