Cara Melindungi Android Dari Serangan Malware

Sunday, May 28, 2017

Serangan Malware. Pada 23 September 2008 lalu, sistem operasi android memasuki pasar mobile OS. Sistem operasi ini open source dan melakukan revolusi cara kita menggunakan smartphone. Sejak itu, android telah mengambil alih lebih dari 80% pasar smartphone. Akan tetapi,  sebagian besar pengguna melaporkan kelemahan serius yang terdapat pada sistem operasi android. Salah satunya adalah Malware. Beberapa aplikasi malware dapat mencuri informasi pribadi yang sensitif, seperti account login credentials, rincian rekening bank atau nomor kartu kredit pengguna.

Cara Melindungi Android Dari Serangan Malware
Cara Melindungi Android Dari Serangan Malware
Jadi, bagaimana cara mencegah Malware di android agar tidak masuk kedalam sistem android ? Mari kita beberapa cara agar perangkat Android yang anda gunakan terbebas dari Malware.

Cara agar perangkat android terbebas dari serangan Malware :

1. Update Software
Pertama-tama pastikan bahwa perangkat android anda up to date. Jika terdapat update untuk sistem, silahkan download dan install menurut versi android yang anda gunakan. Produsen perangkat, operator & google secara teratur mengeluarkan pembaruan untuk memperbaiki bug, menambahkan fitur baru dan membuat perangkat Anda lebih aman. Untuk memeriksa pembaruan pada telepon Anda, masuk ke pengaturan, klik pada "Tentang telepon" dan pilih "Pembaruan sistem".

2. Download aplikasi di Appstore terpercaya
Selalu men-download aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Google Playstore atau Amazon Appstore. Kedua store tersebut tidak benar-benar bebas dari aplikasi berbahaya, tetapi pengguna memiliki kesempatan untuk menghindari malware dengan menggunakan kedua appstore tersebut.

3. Jangan percaya iklan pop-up
Jangan download aplikasi melalui iklan pop-up yang muncul saat membuka sebuah website. Iklan popup biasanya akan menginstall aplikasi tanpa sepengetahuan penggunanya. Jadi jika ingin menginstall aplikasi, silahkan anda cari di appstore terpercaya.

4. Hindari aplikasi bajakan
Smartphone Android dapat sering dikompromikan dengan menginstal aplikasi bajakan. Setiap aplikasi bajakan biasanya berisi beberapa bentuk malware.

5. Periksa izin aplikasi
Sebelum menginstal aplikasi apapun, pastikan untuk memperhatikan jenis izin yang dibutuhkan. Misalnya sebuah aplikasi flashlight,  tidak memiliki ijin untuk mengakses kontak atau membuat panggilan.

6. Periksa rating dan review aplikasi
Sebelum menginstal aplikasi, periksa review aplikasi tersebut. Perlu diingat bahwa Playstore tidak 100% aman. Kadang-kadang, beberapa aplikasi malware membuat jalan mereka ke appstore android. Untuk menghindari mereka, berfokus pada review negatif karena review negatif berasal dari pengguna yang sah, sementara review positif biasanya dibuat oleh penyerang atau si pembuat malware.

7. Menghindari Aplikasi palsu
Hindari aplikasi yang namanya berasal dari perusahaan-perusahaan terkenal tetapi sebenarnya tidak. Sebagai contoh Mario Run palsu yang muncul dalam playstore dan berhasil didownload oleh ribuan pengguna sebelum dihapus. Periksa ulasan sebelum men-download karena aplikasi palsu dengan cepat akan memunculkan review dari pengguna yang sah

8. Install anti virus terbaik untuk android
Untuk menambah tambahan keamanan, install aplikasi antivirus yang baik dari Playstore. Selalu Instal antivirus dari perusahaan-perusahaan terkenal seperti Avast, AVG, Kasperkey, Bitdefender dll. Meskipun tidak diperlukan untuk menginstal Antivirus di ponsel Android. Tetapi dengan menggunakan anti virus, anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang mengandung malware. Jika sebuah aplikasi berperilaku aneh atau terus berjalan di background, mungkin aplikasi tersebut mengandung malware.



Sunday, May 28, 2017

0 comments:

Post a Comment