Apa Perbedaan FAT32, exFAT, dan NTFS ?

Saturday, May 06, 2017
Pada saat anda memformat sebuah drive, baik itu internal.external,flashdisk,SDcard, sistem windows akan memberikan pilihan NTFS, FAT32, dan exFAT. SistemWindows tidak menjelaskan perbedaan antar ketiga format tersebut. Jadi, artikel kali ini Bekaskaki akan menjelaskan perbedaan ketiga format tersebut.

Fat32 merupakan file sistem yang paling tua. Fat32 banyak di gunakan untuk flashdisk dan drive external. Windows menggunakan NTFS untuk drive sistem-nya tetapi juga bisa di gunakan untuk drive internal lainnya. Sedangkan exFAT adalah pengganti FAT32 versi modern, dan lebih banyak perangkat yang di dukung daripada NTFS.

FAT32

FAT32 adalah file system yang paling tua dari ketiganya. FAT32 pertama kali digunakan pada Windows 95 untuk menggantikan sistem file FAT16.

Sistem file ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena file system tersebut sangat tua, sehingga membuatnya menjadi standar de-facto. Jika anda membeli Flash drive biasanya sistem format yang di gunakan adalah FAT32. Agar kompatible di bukan hanya komputer modern, tetapi perangkat lain seperti konsol game dan berbagai macam drive yang menggunakan port USB.

Sistem file FAT32 di gunakan untuk format sistem flash disk maupun drive external lainnya. Anda tidak akan ingin menggunakan ini untuk drive internal. Ini tidak memiliki izin dan fitur keamanan lain yang dibangun ke dalam sistem file NTFS yang lebih modern. Versi modern Windows tidak bisa lagi dipasang untuk FAT32, dan harus diinstal ke drive diformat dengan NTFS.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan praktis apa pun dengan port USB.

Batas: ukuran file maksimum 4 GB, 8 TB ukuran partisi maksimal.

Ideal Gunakan: Gunakan pada removable drive untuk kompatibilitas maksimum dengan jangkauan terluas perangkat, dengan asumsi Anda tidak memiliki file 4 GB atau lebih besar ukurannya.

exFAT

exFAT diperkenalkan pada akhir tahun 2006 sebagai bagian dari Windows CE 6.0, dan telah ditambahkan ke versi Windows XP dan Windows Vista.

exFAT adalah file system yang dioptimalkan untuk flash drive. Dirancang untuk menjadikannya file system yang ringan seperti FAT32 tanpa harus menggunakan fitur tambahan NTFS, tetapi tanpa keterbatasan FAT32. Sebagian vendor menyetujui lisensi dari exFAT untuk penanaman di sistem atau device yang mereka buat. Mereka menanamkan ke sistem dikarenakan exFAT sangat ringan.

Seperti NTFS, ExFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi sangat besar. Ini berarti Anda dapat menyimpan file yang lebih besar dari 4 GB masing-masing pada flash drive atau kartu SD jika diformat dengan ExFAT. exFAT adalah total upgrade atas FAT32, dan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk drive eksternal di mana Anda ingin file system yang ringan tanpa batas  seperti FAT32.

Kompatibilitas : Bekerja pada semua versi Windows dan versi baru dari Mac OS X, tetapi membutuhkan software tambahan pada Linux. Lebih banyak perangkat yang mensupport exFAT daripada NTFS.

Batas : Batas ukuran file sangat besar

Ideal Gunakan : Gunakan untuk USB flash drive dan penyimpanan eksternal lainnya, khususnya jika kita membutuhkan file yang ukurannya lebih dari 4 GB.

NTFS

NTFS adalah file system yang digunakan oleh sistem operasi Windows. Ketika kita menginstall Windows, akan diinstalkan file system NTFS pada sistem penyimpanan kita. Sayangnya, NTFS tidak support untuk semua jenis sistem operasi. Seperti pada Mac OS X, NTFS hanya bisa membaca drive, tidak dapat write. NTFS memiliki keterbatasan ukuran file dan ukuran partisi yang secara sangat teori tidak ada yang menandinginya. NTFS pertama kali muncul pada versi Windows XP.

Diluar dari keterbatasan tersebut, NTFS dilengkapi dengan fitur-fitur modern. NTFS mensupport file permission, menangani error, dll. Banyak dari fitur tersebut yang sangat penting untuk sebuah penyimpanan sistem operasi. Khususnya file permissions.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, sedangkan di Mac hanya bisa membaca, begitu pula pada Linux. Xbox One dari Microsoft tidak mendukung NTFS.

Batas: Batasan ukuran file dan partisi sangat besar.

Ideal digunakan : Gunakan untuk sistem drive Windows dan drive internal lain yang digunakan hanya untuk



Previous
Next Post »
0 Komentar