Top 10 Hewan Unik Yang Terdapat Di Hutan Amazon - Brazil

Wednesday, February 1, 2017

Hutan Amazon adalah merupakan hutan hujan yang berada di Amerika Selatan lebih tepatnya di amazon,Brazil. Wilayah ini, yang juga disebut Amazonia atau Amazon Basin, meliputi wilayah seluas 7 juta kilometer persegi, hutannya sendiri seluas 5.5 juta kilometer persegi. Hutan Amazon terletak di 9 negara yaitu Brazil(hutan 60%), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis.

Amazon memiliki 2 nama lain, paru-paru dunia dan neraka hijau.  Disebut paru-paru dunia karena hutan amazon menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi. Sedangkan sebutan neraka hijau karena hampir setiap tahunnya sungai amazon meluap. Hutan ini sangat lebat sehingga membuat semuanya terlihat sama. Di dalam hutan terdapat juga binatang buas yang sebagian besar belum dinamai/tanpa nama. 30% dari seluruh jumlah binatang dan spesies tanaman yang ada, terdapat di hutan amazon. Oleh karena beberapa faktor di atas, hutan ini masih jarang di masuki oleh manusia.

Top 10 Hewan Unik Yang Terdapat Di Hutan Amazon - Brazil


1. Katak Beracun


Katak Beracun
Katak ini memiliki satu milligram racun yang cukup untuk membunuh 10-20 manusia. Racunnya dapat melumpuhkan dan berpotensi mematikan untuk manusia. Katak ini mirip dengan katak emas beracun, tetapi bentuknya lebih kecil dan ramping. Sehingga jika seseorang menyentuhnya saja, dapat tewas seketika.

2. Semut Peluru


semut peluru
Semut peluru ini bukan sembarang semut. Ukuran semut ini lebih besar dibandingkan semut pada umumnya. Sengatannya seperti di sengat tawon. Masih belum jelas mengapa dinamai semut peluru. Semut ini juga terkadang di sebut semut 24 jam karena jika seseorang di sengat, butuh waktu 24 jam untuk menghilangkan rasa sakitnya.

3. Katak Kaca


katak kaca
Keunikan dari katak ini adalah kita dapat melihat organ dalam karena kulitnya yang transparan. Katak ini tergolong juga katak terkecil dan spesies katak ini juga sudah terancam punah. Tempat tinggal untuk katak ini adalah pegunungan lembap tropis,subtropis atau sungai. Katak transparan ini terancam mengalami kepunahan karena hilangnya habitat lingkungan asli mereka.

4. Kadal Basilisk Common


Jesus Lizard
Hewan unik ini mampu berlari di atas air ketika merasa terancam atau diburu oleh pemangsa. Di jari kaki kadal ini terdapat selaput sehingga dia bisa menciptakan permukaan yang lebih luas saat menapak di atas air serta memiliki kantong air untuk meningkatkan tegangan pada permukaan. Katak ini biasa di sebut juga Jesus Lizard.

5. Ikan candiru

ikan candiru
Jangan lihat dari kecilnya,ikan ini adalah hewan yang berbahaya. Ikan ini dapat masuk ke saluran urogentinal manusia dan untuk mengeluarkannya, harus melalui operasi pembedahan pada saluran tersebut. Ikan ini biasa juga di sebut ikan tusuk gigi.

6. Belut listrik



belut listrik
Belut listrik ini mampu menghantarkan listrik sebesar 650 volt. Ia bisa tumbuh hingga panjang 2,5 m (8,2 kaki) dan berat 20 kg (44 pound), walaupun biasanya ukuran rata-ratanya adalah 1 m.
Listrik pada belut ini di gunakan untuk berburu dan membela diri. Selain itu, listrik di tubuhnya juga bisa berfungsi untuk pencahayaan karena belut ini tinggal di dalam air sungai yang keruh.

7. Potoo


potoo
Potoo suka bertengger di batang pohon yang sudah kering. Karena bulu dan batang pohon tersebut warnanya sama sehingga membantu burung tersebut berkamuflase untuk menghindari predator yang ingin memangsanya

8. Kelelawar pemancing


kelelawar
Kelelawar jenis ini adalah kelelawar terbesar. Hewan ini biasanya memangsa ikan dengan cara menukik tajam dan menancapkan cakarnya pada ikan buruan. Itulah sebabnya di sebut kelelawar pemancing

9. Piranha


piranha
Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai Amazon. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. Mengapa mereka mematikan karena mereka suka bergerombol. Jika cuma satu mungkin tidak terlalu berbahaya, namun saat mereka bergerombol tubuh anda bisa dihabisi dalam hitungan menit.

10. Arapaima


arapaima
Arapaima (Arapaima gigas) adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram tetapi saat ini sudah jarang yang berukuran 2 meter karena sering di tangkap untuk konsumsi masyarakat.



Wednesday, February 01, 2017

0 comments:

Post a Comment