Fakta dan Rahasia Yang Tersembunyi Di Kabin Pesawat Yang Harus Anda Ketahui

Wednesday, February 1, 2017

Pesawat jadi transportasi andalan bagi sebagian orang untuk melakukan perjalanan atau traveling karena dengan menggunakan pesawat kita dapat cepat sampai di tujuan. Jika anda seorang traveling, tahukah anda apa rahasia yang tersembunyi di kabin pesawat?

Berikut rahasia yang tersembunyi di kabin pesawat yang jarang orang ketahui. Bagi anda yang sering berpergian menggunakan pesawat, wajib tahu rahasia ini.

1. Saat Takeoff dan Landing Lampu Pesawat Diredupkan



Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa lampu diredupkan saat landing maupun takeoff. Jawabannya ialah lampu diredupkan merupakan bagian dari sistem keselamatan penerbangan.
Dengan diredupkannya lampu kabin pesawat, penumpang dapat dengan jelas melihat lampu tanda emergency didalam pesawat dan penumpang juga dapat melihat keadaan di luar pesawat dengan jelas.

2. Waktu Pemakaian Masker Oksigen Tidak Lama



Setiap pesawat harus memiliki masker oksigen yang di gunakan jika dalam kabin pesawat kekurangan oksigen. Tapi tahukah anda kalau masker oksigen hanya bisa digunakan kurang dari 15 menit saja?. Alasan masker oksigen hanya bisa digunakan dalam waktu 15 menit saja ialah karena dalam waktu tersebut pesawat sudah harus mencapai ketinggian yang aman agar orang yang berada dalam pesawat bisa bernafas normal kembali.

3. Warna Lampu Dalam Kabin Mempunyai Arti



Mungkin sebagian penumpang tidak memperhatikan jika lampu dalam kabin sering berganti warna. Ternyata berubahnya warna lampu mempunyai arti.
- Lampu putih : menandakan pesawat dalam keadaan ready
- Lampu biru : untuk memberikan kesan nyaman dan tenang dalam pesawat
- Lampu jingga : untuk membangkitkan selera makan dan perubahan/modifikasi cuaca dalam kabin

4. Membuka Jendela Pesawat Saat Landing dan Takeoff



Alasan utama mengapa penumpang harus membuka jendela saat takeoff dan landing ialah agar penumpang pesawat mempersiapkan diri saat kondisi darurat. Sedangkan jendela di desain bulat adalah untuk merekayasa tekan internal atau eksternal agar turbulensi ketika berada di atmosfir yang rendah dapat di tekan.

5. Terdapat Kabin Rahasia Untuk Awak Pesawat



Hampir semua pesawat menyediakan kabin kecil untuk awak kabin terutama pesawat yang melayani rute perjalanan jauh. Letak cabin ini berada dibelakang pilot/co-pilot (kokpit).



Wednesday, February 01, 2017

0 comments:

Post a Comment