Cairan Ingus Di Hidung Anda Kental, Mungkin Anda Terkena Gejala Rhinitis Vasomotor

Sunday, February 12, 2017

Rhinitis Vasomotor!!! Apakah kamu merasakan ingus yang mengental dalam rongga hidung? Jika ia besar kemungkinan kamu mengalami gangguan hidung yang dikenal dengan nama Rhinitis Vasomotor. Gangguan ini di tandai dengan ingus yang terasa kental seperti jelly. Menurut studi tentang Rinitis Vasomotor gangguan ini akibat dari terganggunya keseimbangan dari saraf autonom pada mukosa hidung yang menyebabkan terjadinya vasodilatasi dan hipersekresi. Tetapi Rhinitis Vasomotor belum diketahui secara pasti penyebabnya, karena gangguan kesehatan tersebut didiagnosis tanpa adanya infeksi, alergi, perubahan hormonal, dan pajanan obat.

Gejala Rhinitis Vasomotor


Gejalanya sering disebabkan oleh berbagai rangsangan yang tidak spesifik seperti asap/rokok, bau yang menyengat, parfum, minuman berakohol, makanan pedas, udara dingin, pendingin dan penghangat ruangan, perubahan kelembapan udara, perubahan suhu luar, kelelahan, dan stress. Pada keadaan normal, faktor-faktor tersebut tidak dirasakan sebagai gangguan oleh orang yang mengalaminya.

Kelainan ini mempunyai gejala menyerupai alergi radang selaput hidung, namun gejala yang sering terjadi adalah tersumbatnya hidung secara bergantian kiri dan kanan, tergantung pada posisi penderita. Selain itu terdapat cairan/ingus yang kental maupun cair. Gejala dapat menjadi buruk pada pagi hari sewaktu bangun tidur karena adanya perubahan suhu yang ekstrim pada pagi hari, udara lembab, dan lain sebagainya. Berdasarkan dari gejala yang dialami,  gangguan kesehatan ini dibagi dalam 3 golongan, sebagai berikut :

- Gejala bersin
- Gejala hidung meler (mengeluarkan cairan encer)
- Gejala hidung tersumbat kiri dan kanan.

Untuk mendiagnosis penyakit ini, singkirkan terlebih dahulu penyebab lain seperti infeksi, alergi, gangguan hormonal, dan akibat obat. Lalu cari faktor yang mempengaruhi timbulnya gejala ersebut. Dibutuhkan juga pemeriksaan hidung secara mendalam, apakah terdapat pembekakan didalam rongga hidung atau tidak. Biasanya juga terdapat sedikit cairan/ingus kental pada ronga hidung. Akan tetapi pada gejala hidung meler ditemukan cairan/ingus encer dalam jumlah yang banyak. Diperlukan juga pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kemungkinan penyakit tersebut disebabkan oleh alergi.

Terapi atau pengobatan Rhinitis Vasomotor dapat di lakukan dengan beberapa cara, tergantung pada faktor penyebab dan gejala yang di timbulkan. Tetapi, secara umum dibagi dalam 3 cara:

1. Menghindari faktor penyebab utama terjadinya gangguan
2. Mengobati gejala/gangguan dengan obat-obatan.
3. Melakukan Operasi

Untuk cara ke 3 dilakukan apabila cara yang lain tidak mampu mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Operasi dilakukan dengan cara pembedahan saraf kecil dihidung. Oleh karena itu, Jika anda mengalami gejala - gejalanya, disarankan agar anda ke dokter spesialis THT ( Telinga Hidung Tenggorokan ) agar dapat langsung dilakukan pemeriksaan fisik maupun laboratorium sesuai dengan gejala yang anda alami.



Sunday, February 12, 2017

0 comments:

Post a Comment