Manfaat Brokoli dan Pisang Raja Bagi Kesehatan Usus

Wednesday, August 17, 2016

Kesehatan Usus. Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengemukakan, ternyata sayuran brokoli dan pisang raja memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan usus. Serat dari brokoli dan juga pisang raja telah diteliti dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron.

Jika Anda sering merasakan gejala seperti diare dan juga sakit perut, segera cek ke dokter Anda, siapa tahu Anda terkena penyakit radang usus atau Chron’s disease. Penyakit ini diderita oleh 1 dari 1000 orang, diduga penyebabnya adalah karena aspek lingkungan dan juga genetik.

Manfaat Brokoli dan Pisang Raja Bagi Kesehatan Usus

Penyakit ini biasanya terjadi di negara maju, di mana diet dilakukan dengan rendah akan serat dan tinggi akan makanan olahan. Para penelliti di University of Liverpool menemukan bahwa serat dari brokoli dan pisang raja memang mempunyai manfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan makanan olahan yang melalui proses manufaktur mempunyai efek sebaliknya terhadap usus.

Menurut Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool, penelitian ini menunjukkan perbedaan dari komponen makanan diet yang mempunyai efek kuat dalam hal pergerakan bakteri dalam usus. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa sangat penting bagi pasien Chron untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat dan membatasi saat mengonsumsi makanan olahan.

Penelitian yang dipublikasi oleh sebuah jurnal usus dan didukung oleh para peneliti handal dari Swedia dan Skotlandia, juga menyelidiki tentang sebuah sel usus yang dinamakan M-cells, di mana sel tersebut terdapat pada saluran usus dan dapat menangkal segala bakteri penyerang usus.

Manfaat Brokoli dan Pisang Raja Bagi Kesehatan Usus


Uji klinis ini melibatkan 76 pasien Chron yang telah melakukan operasi, untuk mengetahui apakah makanan medis mengandung serat pisang bisa mengeluarkan bakteri penyakit tersebut dari usus. Menurut Professor Jonathan Rhodes, MD., akan lebih mudah bagi penderita Chron jika mereka tinggal mengonsumsi suplemen dari serat tersebut untuk membantu mencegah kambuhnya penyakit Chron.

Pengetahuan tentang M-cells mengemukakan penjelasan yang terperinci tentang mengapa diet sehat dapat meningkatkan kesehatan yang lebih baik bagi penderita Chron dan juga individu lainnya. Maka dari itu jangan biarkan keluarga Anda membenci brokoli, karena ternyata brokoli sangat bagus untuk kesehatan pencernaan kita.



Wednesday, August 17, 2016

0 comments:

Post a Comment