Cara Mudah Menambah Kapasitas Memori Internal Smartphone Android

Saturday, August 27, 2016


Memori Internal pada smartphone android sangat berperan penting dalam kinerja sebuah smartphone. Beberapa aplikasi android hanya bisa di install di memori internal. Jika terlalu banyak aplikasi yang di install di memori internal, tentu hal tersebut dapat mengurangi kinerja smartphone android terutama pengguna yang masih menggunakan smartphone dengan memori internal yang kecil. Untuk itu, artikel kali ini Bekaskaki akan memberikan cara mudah menambah kapasitas memori internal smartphone android.

Cara Mudah Menambah Kapasitas Memori Internal Smartphone Android :

Catatan :
  • Perlu di ingat, bekaskaki tidak bertanggung jawab jika terjadi masalah seperti brick,bootloop,dll pada smartphone anda. Oleh karena itu, baca dan simak dengan teliti cara dibawah ini. Do With Your Own Risk

  • Perlu di ingat juga, tidak semua library file aplikasi android bisa dilink. Jika anda mengalaminya, jangan panik karena hal tersebut normal.
Bahan yang dibutuhkan :
Caranya :
  1. Siapkan 2 partisi pada SD Card anda. Partisi pertama (fat32) digunakan untuk SD Card dan partisi kedua(EXT2) di gunakan untuk memori internal (cara partisi lihat diatas)

  2. Download dan install aplikasi Link2sd

  3. Setelah selesai, jalankan aplikasinya. Aplikasi akan meminta anda memilih partisi kedua. Pilih partisi kedua yang telah anda buat sebelumnya, izinkan root permission lalu smartphone akan reboot.

  4. Setelah reboot, install aplikasi yang anda inginkan lalu buka aplikasi Link2sd. Pilih aplikasi yang baru anda install dan klik/tap create link lalu centang semua pilihannya yaitu Application file, Delvik cache, Library files, Internal data

  5. Pilih juga Auto clear cache di pengaturan Link2sd

  6. Setelah itu, pilih satu per satu semua aplikasi di Link2sd lalu link dalvik cache satu per satu

  7. Setelah semua selesai, bersihkan memori internal menggunakan task manager atau aplikasi seperti clean master

  8. Reboot smartphone dan lihat memori internal anda. Pesan low memory tidak akan muncul lagi
Anda juga bisa menghapus aplikasi melalui Link2sd dengan cara sebagai berikut :
  1. Pilih aplikasi yang ingin anda hapus/uninstall

  2. Klik Action

  3. Pilih Uninstall pada pop up message

  4. Klik OK dan selesai
Jika anda bingung mengikuti cara - cara di atas, silahkan beri komentar anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat untuk anda.





Saturday, August 27, 2016

0 comments:

Post a Comment