2 Cara Menyembunyikan Foto Dan Video di Android

Monday, August 8, 2016

Menyembunyikan Foto Dan Video di Android. Jauh sebelum saat sekarang ini, telepon hanya digunakan untuk menerima panggilan. Tetapi dengan peningkatan teknologi telepon telah menjadi lebih baik jauh dari sekedar hanya alat panggilan. Salah satu peningktannya adalah kita dapat mengambil/merekam foto dan video. Beberapa pengguna smartphone, terutama smartphone android mungkin menyimpan foto/video pribadi yang tidak ingin dilihat orang lain. Nah, bagi anda pengguna smartphone android yang penyimpan foto/video pribadi dan ingin menyembunyikannya agar tidak dilihat oleh orang lain, bisa mengikuti 2 Cara Untuk Menyembunyikan Foto Dan Video di Android dibawah ini :

2 Cara Untuk Menyembunyikan Foto Dan Video di Smartphone Android :

Cara Pertama : Sembunyikan file kedalam folder

Mungkin sebagian pengguna tidak mengetahui bahwa jika kita menyimpan file kedalam folder di Android dengan nama ".nomedia" (tanpa tanda kutip), file tersebut tidak akan dikenali oleh sistem. Jadi, untuk menyembunyikan file dan video pribadi anda silahkan buat folder baru dan pindahkan semua foto/video yang ingin di sembunyi lalu simpan ke dalam folder yang sudah ada(folder apa saja). Ubah nama folder baru yang anda buat menjadi ".nomedia" (tanpa tanda kutip).

Sekarang Aplikasi seperti galery,pemutar video,dan lain-lain tidak akan dapat membaca file yang tersimpan di dalam folder .nomedia. Untuk melihat foto/video yang anda sembunyikan, gunakan File Explorer. Singkatnya, dengan menggunakan folder .nomedia anda dapat menyembunyikan foto/video dari aplikasi tetapi masih dapat di lihat menggunakan file explorer.

Cara Kedua : Membuat separate folder/hidden folder

Pada cara yang pertama, kita membuat folder tersembunyi dalam folder yang sudah ada, tetapi dalam teknik ini, kita akan membuat folder tersembunyi yang baru dan terpisah khusus untuk menyembunyikan file.

Seperti disebutkan dalam teknik pertama, Android, secara default, tidak mengenali folder yang dimulai dengan sebuah titik (.). Jadi bukan membuat folder tersembunyi dalam folder yang ada tetapi kita akan membuat folder tersembunyi yang baru. Untuk melakukannya, buka file explorer - pilih memori internal/external (pilih dimana anda ingin membuat folder baru). Setelah itu, buat folder baru (nama terserah anda) dan pastikan menambahkan titik didepan nama folder yang anda buat (contoh : .bekaskaki). Anda telah berhasil membuat folder tersembunyi baru. Selanjutnya, pindahkan foto/video yang ingin disembunyikan.

Manfaat dari cara ini adalah folder yang tersembunyi tidak dapat dilihat bahkan melalui file manager/file explorer. Untuk mengakses folder ini aktifkan pilihan "show hidden folder" dalam pengaturan file explorer.




Monday, August 08, 2016

0 comments:

Post a Comment