Lakukan Tips Berikut Agar Tidak Telat Bangun Sahur Di Bulan Puasa

Friday, June 10, 2016

Bangun Sahur. Bagi sebagian orang, bangun subuh/sahur adalah hal yang susah. Di bulan ramadhan, semua umat muslim wajib melakukan ibadah puasa. Saat menjalankan ibadah puasa umat muslim di sunnahkan untuk sahur. Sahur menjadi rangkaian untuk menjalankan ibadah puasa, pada saat waktu sahur telah imsak, kita tidak diperbolehkan lagi makan dan minum sampai waktunya berbuka puasa. Hukum makan sahur itu sendiri adalah sunnah (dianjurkan) dan tidak ada dosa bagi yang meninggalkannya.

Bangun sahur

Sahur memiliki keutamaan sebagaimana hadits dari Anas bin Malik bahwa Nabi SAW bersabda, “Bersahurlah kalian karena di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR. Al-Bukhari no. 1923 dan Muslim 1095)

Dan dalam riwayat An-Nasa`i, Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya dia (sahur) adalah berkah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian meninggalkannya.”

Lakukan Tips Berikut Agar Tidak Telat Bangun Sahur Di Bulan Puasa



  1. Butuh kemantapan hati untuk membiasakan diri bangun lebih awal di bulan Ramadhan. Cobalah untuk membiasakan diri menjalankan puasa sunah Senin Kamis yang notabene juga membutuhkan momen untuk sahur. Sehingga lebih mudah menjalankan puasa Ramadhan.

  2. Terapkan disiplin diri sendiri. Biasanya tanpa disadari, awal dan akhir bulan Ramadhan merupakan saat yang paling sulit untuk bangun sahur. Saat awal, sedang membiasakan diri untuk bangun, sedangkan pada akhir bulan Ramadhan, saking sudah terbiasanya jadi melewatkan sahur karena sudah lama berpuasa.

  3. Saat berbuka puasa, hindari makan terlalu banyak sehingga tidak mudah mengantuk dan sulit bangun saat sahur. Makan secukupnya saat buka puasa, supaya lebih mudah bangun untuk sahur keesokan harinya.

  4. Minum air putih yang cukup banyak sebelum tidur. Cara ini bisa dibilang cukup ampuh sebagai cara alami untuk bangun, karena harus beranjak ke kamar kecil.

  5. Menyiapkan makanan sebelum beranjak tidur. Lebih baik jika menyediakan makanan siap santap sehingga jika terbangun saat hampir habis waktu sahur,kita dapat meyantapnya segera tanpa perlu repot.

  6. Selalu siapkan bahan makanan seperti oats, roti (terutama roti gandum yang mengenyangkan) dan telur yang paling mudah untuk dihidangkan.

Sumber : https://www.1001inspirasiramadhan.com/article/sahur/5-tips-supaya-tidak-telat-bangun-sahur-di-bulan-puasa



Friday, June 10, 2016

0 comments:

Post a Comment