Alat Masak Yang Harus Ada Di Dapur Anda

Thursday, April 14, 2016


Alat Masak. Selain bahan untuk mengolah masakan, alat juga sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan masak memasak. Tanpa alat, memasak makanan menjadi sangat sulit dilakukan. Berikut daftar alat yang harus ada di dapur.
  • Pisau
Pisau berfungsi untuk memotong dan mengupas bahan makanan yang akan diolah. Paling tidak ada satu pisau serba guna yang ada di dapur, yakni berukuran 23 cm – 25 cm dan berbahan dasar stainless steel.
  • Talenan
Talenan yang digunakan sebaiknya memiliki ukuran standar, yakni 38 cm x 50 cm yang dapat digunakan dengan baik untuk memotong/mencincang, serta menghindari bahan makanan terjatuh saat dipotong. Sebaiknya sediakan 2 buah talenan di dapur, satu khusus untuk sayuran dan satu khusus untuk hewani, seperti daging. Memiliki 2 buah talenan menghindari kontaminasi silang saat memotong beragam bahan makanan dalam satu talenan.
  • Panci dan Wajan
Set panci dan wajan dengan beragam ukuran sangat penting ada di dapur, karena tiap ukuran panci memiliki fungsinya masing-masing. Sediakan paling tidak satu buah panci ukuran sedang yang digunakan untuk menggoreng, wajan untuk menumis, dan panci untuk merebus.
  • Sendok
Sendok digunakan untuk mengaduk dan mencampurkan bahan makanan yang akan diolah atau disajikan. Sendok ada yang berbahan dasar kayu, stainless steel, dan logam.
  • Spatula
Spatula digunakan untuk mengaduk bahan makanan yang sedang diolah menggunakan wajan/panci. Spatula ada yang berbahan dasar kayu, karet silikon, stainless steel, dan logam.
  • Parutan Microplane
Parutan ini berbentuk persegi panjang dengan empat sisi mata pisau untuk memarut yang berbeda-beda. Pisau parutan dirancang untuk memarut bahan makanan dengan maksimal. Bahan makanan yang bisa diparut dengan parutan ini adalah keju keras, kentang, wortel, bawang, jeruk, dan jahe. Parutan mcroplane tidak cocok untuk keju/bahan makanan lain yang lembut, seperti cheddar.
  • Mangkuk
Mangkuk berfungsi sebagai wadah diletakkannya bahan makanan yang akan diolah. Selain itu, mangkuk juga berfungsi sebagai wadah penyimpanan. Sebaiknya ada berbagai ukuran mangkuk di dapur.
  • Gelas, Cangkir, dan Sendok Ukur
Gelas, cangkir, dan sendok ukur berfungsi untuk mengukur dengan tepat. Biasanya digunakan untuk mengukur bumbu dan cairan. Serta, seringkali digunakan saat mengolah hidangan pastry & bakery, seperti kue dan roti.
  • Alat Pengasah Pisau
Pisau yang tajam menghindari slip saat memotong/mencincang. Alat pengasah pisau ini berfungsi untuk menjaga pisau agar tetap tajam dengan mengasah pisau dengan alat ini

Sumber Artikel : http://www.sajiansedap.com/article/detail/1260/alat-yang-harus-ada-di-dapur#.Vw7CKPl97IU



Thursday, April 14, 2016

0 comments:

Post a Comment