Ingin Mengempukkan Daging Bebek? Gunakan 9 Bahan Ini

Thursday, March 24, 2016

Daging bebek merupakan daging unggas yang banyak dikonsumsi, selain daging ayam. Namun, daging yang alot membuat orang enggan untuk mengolah sendiri di rumah. Berikut daftar 9 bahan pengempuk daging bebek yang bisa Andak pilih dan gunakan.

Daging bebek terkenal dengan tekstur dagingnya yang alot, sehingga jika tidak diolah dengan benar tidak akan menghasilkan daging yang empuk dan lezat. Berikut daftar 9 bahan pengempuk daging bebek yang dapat membantu Anda mengempukkan daging bebek.

  • Soda kue. Lumuri 1 sdt soda kue ke tiap potongan daging. Diamkan sebentar, lalu daging bebek siap untuk diolah.

  • Daun pepaya. Remas daun pepaya hingga keluar getahnya, lalu gunakan untuk membungkus daging bebek, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci daging bebek hingga bersih, tiriskan, dan daging siap diolah. Enzim papain dalam daun pepaya dapat mengempukkan daging bebek.

  • Nanas. Parut nanas, lalu lumuri pada daging bebek, diamkan selama 45 menit. Setelah itu, cuci daging bebek hingga bersih, tiriskan, dan daging siap diolah. 250 gr parutan nanas dapat digunakan untuk mengempukkan 1 kg daging bebek. Enzim bromelin yang terdapat dalam nanas akan menguraikan serat-serat daging sehingga dapat mengempukkan daging bebek.

  • Kiwi. Remas dan oleskan kiwi pada daging bebek, diamkan selama 1-2 jam. 1 ½ buah kiwi dapat digunakan untuk mengempukkan 1 kg daging bebek. Enzim actinidin dalam kiwi dapat membuat daging bebek cepat empuk.

  • Garam laut. Lumurin daging bebek dengan garam laut, diamkan selama satu jam. Garam membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging bebek.

  • Teh. Rendam daging bebek dalam 1-2 cangkir teh hitam yang sangat pekat, diamkan beberapa menit, lalu daging bebek siap diolah. Kandungan tanin dalam teh hitam yang bekerja mengempukkan daging bebek.

  • Cola. Rendam daging bebek dalam cairan cola selama 30 menit. Kandungan asam menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.

  • Jahe. Lumuri daging bebek dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit. Enzim proteolitik pada jahe berfungsi mengurai ikatan protein dalam daging bebek.

  • Kopi. Rendam daging bebek dengan satu gelas kopi kental selama semalaman.
Itulah 9 bahan pengempuk daging bebek yang dapat Anda gunakan. Selain itu, sebelum membeli jangan lupa pilih bebek yang belum terlalu tua atau muda. Pilihlah bebek dengan usia 3 bulan yang ketebalan daging cukup dan belum terlalu alot.

Sumber : http://www.sajiansedap.com/article/detail/1180/9-bahan-pengempuk-daging-bebek#.VvLdtuJ97IU



Thursday, March 24, 2016

0 comments:

Post a Comment