Berjerawat Hingga Rambut Bermasalah Ini Reaksi Tubuh Saat PMS

Monday, March 21, 2016

Reaksi Tubuh Saat PMS. Pada umumnya, wanita saat menjelang menstruasi akan mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi tubuh maupun emosionalnya. Wajah berjerawat biasanya menjadi masalah yang cukup banyak dikeluhkan wanita. Belum lagi emosi yang labil, cenderung mudah marah atau sedih.

Tak hanya permasalahan kulit dan emosional yang terjadi kala PMS. Beberapa dari kita juga mengalami masalah rambut saat PMS, di antaranya rambut menjadi lebih berminyak, lepek dan mudah berantakan sekitar satu minggu sebelum menstruasi.

Mengutip dari laman www.wonehealthmags.com, CEO Clue, sebuah aplikasi smartphone untuk menstruasi,  Ida Tin, mengatakan keluhan tentang rambut menjelang periode menstruasi meningkat di kalangan pengguna aplikasinya. Beberapa faktor, terutama masalah hormon disinyalir menjadi penyebab wanita mengalami 'bad hair day' di masa-masa PMS mereka.

Satu minggu sebelum menstruasi, tubuh akan mengalami peningkatan hormon progesteron. Hormon ini memicu produksi sebum, yang artinya tubuh mengeluarkan lebih banyak minyak yang membuat kulit terlihat lebih mengkilap. Dengan demikian, produksi minyak pada kulit kepala juga mengalami peningkatan.

Kondisi ini pun berlanjut hingga menstruasi di hari pertama. Dijelaskan dermatologist Whitney Bowe, M.D., ketika darah menstruasi keluar di hari pertama, tingkat progesteron dan estrogen sebenarnya sudah mulai menurun, namun giliran testosteron yang berada di tingkat tertingginya.

Testosteron juga bisa memicu produksi sebum, sehingga beberapa dari kita juga akan mengalami rambut yang sangat berminyak ketika menstruasi. Keadaan bisa berbeda pada tiap wanita, tergantung peningkatan hormon yang terjadi pada tubuh masing-masing. Sebagian ada mengalaminya satu minggu sebelum menstruasi, atau ketika menstruasi sedang berlangsung, atau bahkan di kedua waktu tersebut.

Efek dari perubahan hormon ini biasanya berlangsung beberapa hari sebelum tubuh kembali ke kondisi normal. Untuk mengatasi rambut yang lepek karena berminyak, Anda bisa menggunakan dry shampoo agar tidak perlu keramas setiap hari. Sebab terlalu sering keramas akan membuat kondisi kulit kepala lebih kering dan justru memicu produksi minyak lebih banyak.

Article source : http://www.vemale.com/kesehatan/91994-berjerawat-hingga-rambut-bermasalah-ini-reaksi-tubuh-saat-pms.html



Monday, March 21, 2016

0 comments:

Post a Comment