Kuota Internet Kamu Cepat Habis? Inilah Penyebabnya

Sunday, January 17, 2016

Kuota Internet Kamu Cepat Habis? Inilah Penyebabnya. Di jaman Seperti sekarang ini, kuota merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Di indonesia sendiri, hampir semua provider memberikan limit kuota kepada penggunanya. Tetapi terkadang para pengguna internet mengeluh karena kuotanya cepat habis tanpa tahu penyebab kuota cepat habis.


Di bawah ini Bekaskaki akan memberikan beberapa penyebab kuota internet kamu cepat habis :

  • Download atau Upload File
Semakin besar file yang di download atau upload akan semakin besar pula pemakaian kuota. Jadi, lihat dulu ukuran file yang ingin di download/upload.
  • Streaming Video
Tanpa di sadari, saat anda nonton/streaming video akan banyak "memakan" kuota internet. Terlebih jika kamu menggunakan youtube untuk streaming. Kuota yang terpakai saat anda streaming video di youtube sangatlah besar apalagi jika yang anda tonton video kualitas HD.
  • Melakukan Panggilan video (video call)
Kenapa video call memakan banyak kuoata?, karena video call sama dengan streaming video yang menggunakan up/down stream sehingga banyak memakan kuota. Beberapa aplikasi yang seirng di gunakn untuk melakukan panggilan video adalah skype,line,dan wechat.
  • Main Game Online
Sebagian besar pengguna smartphone android/iOS sering memainkan game online, salah satunya adalah clash of clans ( COC ). Untuk saat ini, game satu ini menjadi salah satu game online yang paling populer di android/iOS , akan tetapi tanpa di sadari sebenarnya game online tersebut memerlukan kuota yang besar. Game real action juga memerlukan kuota yang sangat besar saat di mainkan seperti asphalt8,real racing,dll
  • Mengunjungi situs yang isinya kebanyakan gambar dan video
Banyak dari pengguna tidak menyadari bahwa dengan membuka situs yang isi kontennya kebanyak gambar/video HD akan banyak memakai kuota. Bayangkan jika di sebuah situs terdapat 35 gambar berukuran 400KB, maka setiap anda kunjungi website tersebut akan memakan kuota kurang lebih 12 - 13mb
  • Aplikasi Auto - update
Baik smartphone Android maupun iOs, tanpa kita sadari akan melakukan pembaharuan aplikasi secara otomatis ketika perangkat terhubung ke internet. Untuk mengatasi masalah yang satu ini silahkan setting di pengaturan  masing - masing smartphone.

Selain beberapa penyebab kuota cepat habis di atas, mungkin masih ada penyebab - penyebab yang lain. Yang Bekaskaki sebutkan di atas hanyalah penyebab utama kuota internet cepat habis. Pergunakanlah kuota internet anda dengan bijak.







Sunday, January 17, 2016

0 comments:

Post a Comment