Kelebihan Android Marshmallow 6.0 Dan Fitur Canggihnya

Friday, January 29, 2016

Kelebihan Android Marshmallow 6.0. Sebagai salah satu sistem operasi mobile yang open source, wajar jika sistem operasi buatan Google tersebut menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak dipakai. Android memang menjadi pilihan banyak pengguna karena harga produk lumayan terjangkau dan pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur dan layanan canggih. Sistem operasi android memiliki beberapa versi sejak di keluarkan pertama kali pada November 2007.

Versi android di awali dengan rilisnya android versi beta dan pada tahun 2008 secara resmi pihak google mengeluarkan android versi komersial yaitu android 1.0. Pada tahun 2009 versi android mulai di beri nama/kode menggunakan nama makanan yang masing - masing versi di rilis sesuai huruf alfabet

  • Android 1.5 Cupcake
  • Android 1.6 Donut
  • Android 2.0 Eclair
  • Android 2.0.1 Eclair
  • Android 2.1 Eclair
  • Android 2.2–2.2.3 Froyo
  • Android 2.3–2.3.2 Gingerbread
  • Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread
  • Android 3.0 Honeycomb
  • Android 3.1 Honeycomb
  • Android 3.2 Honeycomb
  • Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1 Jelly Bean
  • Android 4.2 Jelly Bean
  • Android 4.3 Jelly Bean
  • Android 4.4 KitKat
  • Android 5.0 Lollipop
Google sebagai pengembang sistem operasi android, baru - baru secara resmi telah merilis android versi terbaru mereka yaitu Android 6.0 yang di beri nama Marshmallow. Banyak perubahan dan fitur baru yang jadi keunggulan Android Marshmallow ini dibanding versi sebelumnya. Berbeda dengan android versi sebelumnya , Android 6.0 memfokuskan/meningkatkan kinerja terhadap fitur - fitur yang telah ada sebelumnya dan menghilangkan bug yang ada.

Dengan fitur canggih dan beberapa kelebihan Android Marshmallow 6.0 akan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan kepada penggunanya karena ada peningkatan kinerja, daya tahan baterai, dan penggunaan RAM. Tambahan beberapa fitur pada Android yang menjadi kelebihan Marshmallow 6.0 seperti dukungan USB Type-C, dukungan otentifikasi sidik jari, Mode "deep sleep" untuk menghemat daya baterai, permission dashboard, Android Pay, peningkatan fitur Google now, mungkin akan lebih banyak bermanfaat bagi para pengguna/pengembang aplikasi.

Kelebihan Android Marshmallow 6.0 Dan Fitur Canggihnya :
  • Android Pay
Android 6.0 Marshmallow telah menghadirkan Android Pay. Ini adalah sistem pembayaran berbasis NFC ( Near-field communication ). Meskipun baru  diluncurkan pada Android Marshmallow, fitur ini sudah diperkenalkan di tahun 2010 di Android Gingerbread dan fitur ini juga akan tersedia untuk perangkat yang berjalan pada Android 4.4 ke atas.

  • Mode Doze agar baterai lebih tahan lama

Fitur Mode Doze ini dapat memonitor bila perangkat dalam keadaan standby untuk merubahnya ke mode Doze yang menggunakan daya yang lebih kecil sehingga menghemat pengunaan baterai. Seperti uji coba yang dilakukan oleh Google, Mode Doze di Android 6.0 menghasilkan pemakaian daya dua kali lipat lebih lama. Tes ini di lakukan di android 5.0 dan android 6.0 pada perangkat dan aplikasi yang sama. Berarti Android 6.0 memiliki daya tahan baterai 2 kali lipat dibanding Android versi sebelumnya.

  • USB tipe C

Berbeda dengan versi sebelumnya, Android 6.0 sudah meninggalkan micro USB dan menggantinya dengan USB tipe C. Konektor jenis baru ini, baru diaplikasikan pada beberapa perangkat smartphone Android saja seperti Google Nexus 5X, OnePlus 2,dll. Namun pada update-an versi android 6.0, USB tipe C sudah bisa di gunakan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut. Dengan menggunakan USB tipe C dapat membuat pengisian daya lebih efisien.

  • Google Now on Tap
Salah satu fitur keren yang menjadi kelebihan Android Marshmallow 6.0 adalah Google Now on Tap. Now On Tap merupakan penyempurnaan dari fitur Google Now. Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses informasi di mana saja pada perangkat Android Marshmallow mereka.



  • Support Fingerprint


Google membuat fitur fingerprint pada Android 6.0. Fingerprint bisa berfungsi untuk unlock layar smartphone dan membuka/membayar di Google Playstore/AndroidPay yang membutuhkan izin identitas.

  • App permissions


Pada Android 6.0 Marshmallow, Google telah memperbaharui fitur App permissions. App permissions tersebut memungkinkan pengguna untuk menerima/menolak izin pada aplikasi tertentu. Misalnya, anda memberikan akses aplikasi Line menggunakan kontak tetapi tidak untuk lainnya.
  • Auto Backup App


Fitur Auto Backup memungkinkan pengguna smartphone android 6.0 untuk menyimpan data user dan settingan aplikasi maupun game kedalam Google Drive. Sehingga pengguna android 6.0 tidak perlu khawatir jika smartphone mereka di reset factory ataupun mengganti smartphone.

  • Customization Google Chrome tabs

Pada Android 6.0 Marshmallow, pengembang aplikasi bisa mengintegrasikan tab Google Chrome ke dalam aplikasi buatan mereka.

Daftar smartphone yang mendapat update Android 6.0

1. Asus

Asus Zenfone 2
Asus Zenfone 2 Deluxe
Asus Zenfone 2 Laser
Asus Zenfone Selfie
Asus Zenfone Go

2. Samsung

Samsung Galaxy S6 edge+ Samsung Galaxy Note5
Samsung Galaxy A8
Samsung Galaxy A7
Samsung Galaxy S6 edge
Samsung Galaxy S6
Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy Alpha
Samsung Galaxy S5

3. Google

Google Nexus 5X and 6P
Google Nexus 5
Google Nexus 9 (tablet)
Google Nexus 7 2013 (tablet)

4. OnePlus

OnePlus 2
OnePlus One

5. Xiaomi

Xiaomi Mi Note 2
Xiaomi Redmi 2 Prime
Xiaomi Redmi 2
Xiaomi Mi 4i
Xiaomi Mi 4
Xiaomi Mi Note
Xiaomi Mi Note Pro
Xiaomi Redmi 1S
Xiaomi Redmi Note

6. Motorola

Moto X Style
Moto X Play
Moto G (Gen 3)
Moto X (Gen 2)
Moto G (Gen 2)
Moto Turbo
Motorola Droid Turbo (US only)
Moto X Pure Edition (US only)
Moto Maxx (US only)

7. Sony

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5
Sony Xperia Z5 Compact
Sony Xperia Z3+ (also known as Sony Xperia Z4)
Sony Xperia C5 Ultra
Sony Xperia C4
Sony Xperia M5
Sony Xperia M4 Aqua
Sony Xperia Z3
Sony Xperia Z3v
Sony Xperia Z3 Compact
Sony Xperia Z2
Sony Xperia Z Ultra Google Play Edition

8. HTC

HTC One M9+
HTC One E9+
HTC One M9
HTC One E9
HTC One (M8)
HTC One (E8)
HTC One ME
HTC One M8 EYE
HTC Butterfly 3
HTC Desire 826
HTC Desire 820
HTC Desire 816
HTC One M8 Google Play Edition

9. LG

LG G4 (officially announced)
LG G Flex 2
LG G3
LG G Stylo (the T-Mobile version of LG G4 Stylus)

10. Huawei

Huawei Ascend P8
Huawei Ascend P8 Max
Huawei Ascend P8 Youth Edition
Huawei Honor 6 Plus
Huawei Honor 7i
Huawei Maimang 4 (Chinese version of Ascend G8)
Huawei Honor 7
Huawei Mate S
Huawei Mate 7
Huawei Honor 6
Huawei Mate 7
Huawei Honor 4X
Huawei Honor 4C
Huawei Ascend G7
Huawei Ascend G7 Plus





Friday, January 29, 2016

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete