Cara Disable dan Enable Autoplay Di Windows 10

Saturday, January 16, 2016

Disable dan Enable Autoplay Di Windows 10. Ketika anda memasukkan perangkat media/removable seperti CD, DVD, dll ke komputer Windows, maka secara otomatis akan muncul jendela pop-up Autoplay. Autoplay adalah salah satu fitur Windows yang berfungsi untuk membaca secara otomatis dan mempercepat akses ke media external yang terhubung ke komputer.

Namun, fitur Autolay memiliki kekurangan yang kurang di sukai oleh para pengguna sistem operasi windows yaitu akan menjalankan virus secara otomatis jika media external yang terhubung ke komputer berisi/terdapat virus. Salah satu media external yang paling rawan terinjeksi virus adalah flash disk (fd).

Bagi para pengguna sistem operasi Windows 10 yang ingin menon - aktifkan fitur Autoplay, silahkan ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini :

Cara Disable dan Enable Autoplay Di Windows 10

Cara pertama : Disable/Enable autoplay di windows melalui menu Settings

1. Buka menu Settings dan klik Devices 

2. Klik Autoplay di sidebar kiri dan pilih off/on "Use AutoPlay for all media and devices". Pilih Off untuk mematikan autoplay.

3. Anda juga dapat menyesuaikan cara kerjanya tanpa harus menonaktifkan fitur Autoplay. Dengan cara, di bawah "Choose AutoPlay Defaults", pilih action default yang anda inginkan saat media/perangkat terhubung ke komputer.

Cara Kedua : Enable/Disable melalui Control Panel

Pada cara yang pertama yaitu melalui menu settings, hanya bisa mengkonfigurasi beberapa jenis media saja. Jika anda ingin mengkonfigurasi perangkat media seperti CD audio,DVD,dll bisa di lakukan melalui control panel

1. Buka Control Panel, dan dari "icon view", klik pada AutoPlay

2. Check (atau uncheck) pada kotak "Use AutoPlay for all media and devices"  untuk mengaktifkan AutoPlay atau menonaktifkan. Jika Anda ingin autoplay tetap on, pilih default action untuk setiap jenis media dan perangkat tercantum di bawah. Anda akan mendapatkan pilihan yang sama yang Anda dapatkan di cara pertama seperti “Open folder to view files”, “Import photos or videos”, “Configure this drive for backup”, atau “Take no action”. Di bagian bawah halaman ini terdapat tombol "Reset all defaults" untuk mengembalikan semua pengaturan semula/default.

Pengaturan Autoplay windows 10 terlihat hampir mirip pada Windows 7, Windows 8.1. Pada Windows 7, terdapat daftar semua jenis media yang dapat Anda konfigurasi. Pada Windows 8.1 dan Windows 10, terdapat daftar yang sama, tetapi terdapat beberapa jenis media yang tidak tersedia di windows 7 untuk konfigurasi. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur AutoPlay untuk removable drive dan camera storage, sedangkan Windows 7 tidak terdapat konfigurasi untuk jenis media tersebut.

Cara Ketiga : Enable/Disable melalui Group Policy Editor ( gpedit.msc )

Kebanyakan pengguna Windows menonaktifkan AutoPlay dari menu Settings atau Control Panel. Namun, jika Anda memiliki Windows 10 Pro dan ingin menonaktifkan AutoPlay untuk beberapa pengguna pada komputer yang sama, Anda dapat menonaktifkannya melalui Group Policy Editor.

1. Tekan Win + R untuk membuka kotak Run dan ketik gpedit.msc

2. Pilih Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components, klik  AutoPlay Policies.

3. Di panel sebelah kanan, klik dua kali "Turn off AutoPlay" untuk membuka kotak Properties. Klik "Enabled," dan kemudian pilih All drives atau CD-ROM dan removable media drive untuk menonaktifkan autoplay pada media ini.

Sekian dulu artikel tentang Cara Disable dan Enable Autoplay Di Windows 10. Jika ada pertanyaan seilahkan beri komentar anda.





Saturday, January 16, 2016

0 comments:

Post a Comment