Definisi Swap File Di Komputer

Saturday, September 5, 2015

Definisi Swap File. Swap File adalah file/data yang di ambil dari sistem memori atau RAM dengan mentransfer data dari RAM ke perangkat penyimpanan dalam bentuk file swap sehingga komputer mempunyai memori free/space untuk menjalankan program lain. Ekstensi Swap File adalah SWP

Swap File adalah memori virtual,karena swap file tidak tersimpan di dalam fisik RAM. Swap File memperpanjang jumlah memori yang tersedia dan komputer dapat mengakses dengan cara menukar memori yang di gunakan idle proses dari RAM ke Swap File. Cara ini juga sering di sebut "Pagging",adalah jenis umum dari manajemen memori. Bila memori bertukar untuk menjalankan sebuah program, maka data dari Swap File pagged kembali ke Physical Memory.

Swap File dapat meningkatkan jumlah memori yang tersedia,namun Swap File juga dapat menurunkan kinerja sistem komputer. Misalnya,komputer menggunakan hampir semua physical memory sehingga sistem mungkin akan seringa melakukan penukaran data antara RAM dan Swap File. Sejak awal komputer membaca data dari perangkat penyimpanan (HDD dan SSD),komputer sudah jauh lebih lambat daripada mengakses RAM. Sehingga jika RAM dan Swap File berulang kali melakukan penukaran data maka dapat memperlambat kinerja komputer.

Swap File secara otomatis di buat,di akses dan di hapus oleh sistem operasi,jadi kita tidak perlu terlalu khwatir dengan Swap File. Namun jika komputer terlihat lambat saat menjalankan proses,mungkin komputer kehabisan sistem memori dan sering melakukan Swapping. Solusinya tutup beberapa proses yang tidak di pakai,solusi lainnya adalah dengan mengganti RAM dengan ukuran yang lebih besar.



Saturday, September 05, 2015

0 comments:

Post a Comment