Definisi Supercomputer

Sunday, September 6, 2015

Supercomputer bukan seperti komputer pada umumnya. Definisi Supercomputer adalah mesin komputasi yang memiliki kinerja tingkat tinggi dan memiliki kecepatan pemprosesan data yang sangat cepat. Supercomputer memiliki berbagai macam aplikasi,seperti,scientific calculations, modeling simulations, and rendering large 3D graphic.

Supercomputer biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari komputer biasa dan membutuhkan daya/power yang lebih besar dari komputer biasa. Bahkan,sebuah Supercomputer dapat terdiri dari serangkaian komputer yang dapat mengisi ruangan yang besar.

Contoh Supercomputer mesin tunggal :

Cray X-MP
Source img : google.com



Cray 1
Source img : wikipedia

Cray 1 dan Cray X-MP di kembangkan oleh Cray Research dan Blue Gene and Roadrunner systems developed  yang di kembangkan oleh IBM. Contoh Supercomputer multi-sistem adalah Sistem X yang di kembangkan oleh Virginia Tech dan terdiri dari 1.100 Apple Xserve G5s.

Harga sebuah Supercomputer sangat mahal,perawatannya juga mahal. Itulah mengapa hanya sedikit Supercomputer yang ada di seluruh dunia. Namun,dengan berkembangnya jaman dan teknologi tiap tahun,supercomputer mungkin tidak akan "super" lagi.



Sunday, September 06, 2015

0 comments:

Post a Comment