Definisi Dan Jenis Cache Pada Komputer

Saturday, September 5, 2015

Definisi Dan Jenis Cache Pada Komputer. Cache yang di ucapkan "cash" ( bukan " Catch " atau "Cashay") adalah memori yang ukurannya kecil dan bersifat sementara (temporary) untuk penyimpanan recent agar mudah di akses dengan cepat di lain waktu. Komputer menggabungkan beberapa cache agar berjalan lebih efisien,sehingga meningkatkan kinerja komputer.

Jenis Cache :

1. Cache Browser

Kebanyakan browser akan menyimpan halaman web secara default. Misalnya, jika kita mengunjungi suatu halaman web,browser akan menyimpan Cache berupa HTML,image,CSS dan file javascript yang muncul di halaman web tersebut. Saat mengunjungi halaman web yang menggunakan HTML,Image,CSS dan javascript yang sama browser tidak perlu mendownload ulang file tetapi browser akan memuat halaman tersebut dari Cache yang tersimpan pada Local Drive komputer.

2. Memori Cache

Saat program berjalan, Cache data tertentu akan tersimpan dalam memori atau RAM. Misalnya kita mengedit sebuah video,editor video akan memuat klip video tertentu dan audio track dari Hard Disk ke RAM. Karena RAM dapat di akses lebih cepat dari Hard Disk maka hal tersebut akan mengurangi lag ketika mengimpor atau mengedit file.

3. Disk Cache

Kebanyakan HDD atau SSD  sudah include RAM dengan ukuran kecil yang berfungsi sebagai Disk Cache. Sebagai contoh, sebuah Hard Drive dengan kapasitas 1 terabyte memiliki Disk Cache sebesar 32 megabyte. Sementara untuk 2 terabyte mungkin memiliki Disk Cache sebesar 64 megabyte. Kapasitas kecil di RAM tersebut dapat membuat perbedaan dalam kinerja Hard Drive. Misalnya, ketika kita membuka folder yang berisi file - file besar,referensi ke file otomatis tersimpan ke dalam Disk Cache. Pada saat membuka kembali folder tersebut di lain waktu,file - file akan langsung di load hanya dalam beberapa detik.

4. Processor Cache

Cache Processor lebih kecil dari Cache Disk. Hal ini karena cache processor berisi blok kecil dari data, seperti instruksi yang sering di gunakan dapat di akses cepat oleh CPU. Processor pada saat ini mengandung cache L1 yang berada tepat di sebelah processor dan cache L2 berada agak jauh. Cache L1 adalah yang terkecil dengan ukuran sekitar 64KB,sedangkan cache L2 sebesar 2 MB. Beberapa processor tingkat tinggi memakain cache L3 yang lebih besar dari L2. Ketika Processor mengakses data dari cache yang lebih tinggi dapat juga memindahkan data ke cache yang lebih rendah untuk di akses dengan cepat di lain waktu



Saturday, September 05, 2015

0 comments:

Post a Comment