Google Memperingati Ultah Penemu Olahraga Selancar,Duke Kahanamoku

Monday, August 24, 2015

Pada hari ini tanggal 24 agustus 2015, Google membuat doodle pada situs pencari mereka yang kali ini mengankat tentang penemu olahraga selancar/surfing.

Perusahaan situs pencari tersebut,membuat doodle khusus untuk memperingati 125 tahun penemu olahraga selancar yaitu Duke Kahanamoku ( Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola ) yang tampil di halaman utama google indonesia maupun global. Duke kahanamoku lahir di Waikiki, Honolulu, Hawaii, Amerika pada tanggal 24 Agustus 1890 dan meninggal pada tahun 22 Januari 1968, Honolulu, Hawaii, Amerika.

Pada saat masih menjadi atlet renang untuk amerika serikat, Kahanamoku berhasil meraih medali emas olimpiade sebanyak 5 kali. Pada tahun 1914 Kahanamoku memperkenalkan olahraga surfing. Awalnya papan surfing Kahanamoku terbuat dari batang pohon pinus dan pertama kali memperkenalkan surfing di australia saat dia mengikuti lomba renang.


Peristiwa heroik yang pernah tercatat,Kahanamoku berhasil menyelamatkan 8 orang dari 29 nelayan yang kapalnya terbalik di perairan Newport Beach California pada tanggal 14 Juni, 1925,. Dengan menggunakan papan surfing, Kahanamoku melakukan perjalanan bolak-balik ke bibir pantai untuk membawa nelayan yang dihantam arus ombak. Dua peselancar lain yang membantu Kahanamoku hanya bisa menyelamatkan 4 orang nelayan sehingga hanya 17 orang yang tewas dibawa ombak. Kepala polisi Newport menyebutkan upaya penyelamatan yang dilakukan Kahanamoku dengan menggunakan selancar sebagai sebuah tindakan super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada di dunia.

Oleh karena itu, Google memberikan penghargaan dan penghormatan dengan membuat doodle Duke Kahanamoku



Monday, August 24, 2015

0 comments:

Post a Comment