Tips Untuk Membuat Jangkauan Sinyal Wifi Agar Lebih Luas Dan Efektif

Thursday, May 21, 2015

Artikel kali ini Bekaskaki akan memberikan beberapa Tips Untuk Membuat Jangkauan Sinyal Wifi Agar Lebih Luas Dan Efektif

Di jaman teknologi seperti sekarang ini, banyak bermunculan tehnologi - tehnologi baru salah satunya adalah Wifi. Wifi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Mungkin beberapa dari kita terutama yang tinggal di kota-kota besar sudah mempunyai jaringan nirkabel (WIFI) baik di rumah, kostan, kampus maupun kantor, tapi biasanya yang jadi masalah adalah jangkauan sinyal Wifi tersebut yang nanggung atau tidak luas. Contohnya seperti saat kita bergeser menjauh sedikit saja dari access point sinya Wifi, sinyal langsung berkurang, kecepatan transfer data pun melambat. Namun, jangan khawatir di artikel ini saya akan memberikan beberapa Tips Untuk Membuat Jangkauan Sinyal Wifi Agar Lebih Luas Dan Efektif  untuk membuat jangkauan sinyal WIFI kamu lebih luas.

Berikut Tips Untuk Membuat Jangkauan Sinyal Wifi Agar Lebih Luas Dan Efektif

Optimalkan posisi Wireless router/Acces Point

Wireless router/Acces Point sebaiknya diletakkan di ruangan yang terbuka dan jauh dari perangkat elektronik lainnya, agar sinyal dari perangkat elektronik lain tidak  mengganggu sinyal Wi-Fi.

Upgrade Wireless router/Acces Point

Jika sinyal Wi-Fi//Acces Point lemah dan tidak dapat mencakup seluruh ruangan, mungkin kita harus mempertimbangkan untuk mengganti perangkat Wireless router/Acces Point dengan Wireless router/Acces Point terbaru yang lebih canggih seperti Wireless router milik TP-LINK yaitu Archer C9 yang memiliki frekuensi 5GHz dan memiliki teknologi beamforming sehingga jangkauannya lebih luas dan cepat .Beberapa dari produk Wireless router telah menggunakan teknologi AC

wifi archer c9
source image : tp-link.us

Gunakan 2 frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz

Jika wireless router telah menggunakan teknologi AC, sebaiknya mengaktifkan kedua frekuensinya sealigus untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Gunakan Range Extender

Belkin

Buat ruangan sangat luas dan terlalu banyak dinding pembatas di ruangan tersebut, agak sulit ditembus oleh wireless router terbaik sekalipun. Oleh karena itu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan perangkat tambahan seperti Range Extender. Perangakat tambahan Range Extender saat sekarang ini banyak dicari oleh pengguna karena kemampuannya untuk memperluas jangkauan Wi-Fi. Seperti, Belkin N300 Dual Band Wireless N Range Extender adalah Range Extender 2.4GHz dan 5GHz yang kedua frekuensi nya dapat di aktfikan secara bersamaan sehingga membuat jangkauan sinya wifi kita lebih efektif.

Sekian dulu artikel Bekaskaki kali ini tentang Tips Untuk Membuat Jangkauan Sinyal Wifi Agar Lebih Luas Dan Efektif semoga bermanfaat . Jika ada pertanyaan atau ingin mengoreksi artikel ini harap beri komentar anda



Thursday, May 21, 2015

0 comments:

Post a Comment