Penyebab Dan Cara Mengatasi Bluescreen Di Windows

Saturday, May 30, 2015

Blue Screen Of Death atau di singkat BSOD adalah sebuah tampilan yang menginformasikan saat sistem Windows atau hardware sedang dalam masalah/error. Pesan yang ditampilkan oleh bsod tersebut, dapat kita jadikan acuan untuk mengetahui penyebab terjadinya error pada sistem sehingga kita bisa mencari solusi untuk menangani masalah tersebut. Kebanyakan pengguna sistem operasi windows kurang mengerti/memahami pesan error yang di Blue Screen.


Oleh karena itu, Bekaskaki akan menjelaskan secara singkat arti pesan error yang muncul saat terjadi Blue Screen. Di bawah ini beberapa contoh pesan error serta maksud dan solusi yang bisa kita gunakan saat terjadi Blue Screen

Penyebab  Dan Solusi Terjadinya Bluescreen Di Sistem Operasi Windows


1. KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR

Pesan tersebut menunjukkan bahwa sistem tidak mampu melakukan pembacaan data kernel dari swap file. Biasanya di sebabkan oleh PAGEFILE.SYS yang corrupt akibat bad sector, error prosesor , memori rusak, juga bisa di sebabkan oleh virus.

2. KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED

Biasanya pesan ini muncul karena disebabkan oleh kesalahan konfigurasi pada komponen hardware. Cari driver apa saja yang bermasalah dan lakukan perubahan pada konfigurasi. Lebih gampangnya, disable driver tersebut untuk memastikan penyebab errornya. Kemungkinan lain yaitu bisa disebabkan oleh kapasitas harddisk full. Jadi untuk hal ini, hapus beberapa file/folder yang tidak kalian pakai terpakai untuk menambah space kosong pada media penyimpanan.

3. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Munculnya pesan ini karena akibat kesalahan saat instalasi driver kartu grafis. Penyebabnya karena driver tersebut bermasalah atau bisa juga karena komputer shutdown/restart saat proses instalasi belum selesai. Solusinya, masuk ke Safe Mode dan lakukan instalasi driver dari safemode .

4. REGISTRY_ERROR

Maksud dari pesan sangat jelas, registry sistem komputer mengalami kegagalan/error tetapi bukan berarti registry sistem komputer rusak, tetapi komputer tidak mampu membaca sistem registry yang berada di hard disk. Cara mengatasinya, restart komputer, lalu masuk ke Safe Mode. di safe mode jalankan Command Prompt lalu ketikkan perintah chkdsk /r.

5. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

Pesan error tersebut muncul karena adanya masalah dengan memori komputer. Jika komputer menggunakan dua keping memori, cek dan pastikan bahwa komputer menggunakan tipe, jenis, dan kecepatan yang sama. Solusi lainnya, masuk ke BIOS dan periksa memori timingnya sesuai. Jika setelah di cek/periksa semua hal tersebut tidak bermasalah, mungkin memori komputer sudah rusak dan siap di ganti dengan memori yang baru.

6. BAD_POOL_HEADER

Pesan ini biasanya terjadi karena perubahan pada sistem komputer. penyebabnya bermacam bisa karena memasang driver baru, instalas aplikasi pihak ketiga, atau terdapat masalah pada sistem NTFS. Solusinya, bisa dengan cara mengembalikan sistem ke kondisi awal. Caranya,menghapus atau melakukan restore sistem windows. Atau cara lain yang bisa digunakan yaitu gunakan driver yang cocok dengan hardware komputer, update aplikasi pihak ketiga ke yang terbaru, dan gunakan juga service pack windows yang terbaru atau lakukan update pada sistem operasi Windows.

7. NTFS_FILE_SYSTEM

Pesan tersebut biasanya muncul karena disebabkan oleh adanya gejala kerusakan pada hard disk. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan perintah melalui Command Prompt yaitu chkdsk /r. Namun, jika komputer tidak lagi bisa melakukan booting, segera backup data/file menggunakan hard disk lain dan set sebagai slave.


8. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Jika pesan tersebut muncul, hal tersebut mengindikasikan bahwa hard disk atau sistem operasi tidak bisa terbaca. Penyebabnya bisa jadi karena terdapat trouble pada kabel power atau kabel data yang tidak terhubung dengan baik pada hard disk. Penyabab lain bisa jadi karena boot sector telah di hapus oleh virus.

9. NMI_HARDWARE_FAILURE

Munculnya pesan ini bisa jadi disebabkan oleh memori yang error. Cek memori komputer, apakah menggunakan jenis, tipe, dan kecepatan yang sama. Atau bisa dengan cara menukar memori di slot yang berbeda. Jika cara tersebut belum berhasil, coba bersihkan memori dari debu/kotoran. Gunakan tissue halus untuk membersihkan. Bersihkan juga kuningan yang terdapat di memori,tapi lakukan dengan sangat hati - hati.

10. DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Pesan eror tersebut biasa muncul akibat terdapat masalah pada driver/conflict hardware. Jika kalian baru saja melakukan install driver atau menambahkan beberapa komponen baru pada sistem komputer, coba nonaktifkan kembali hal tersebut untuk memperbaiki pesan error yang muncul.

Sekian dulu artikel tentang Penyebab  Dan Cara Mengatasi Bluescreen Di Windows. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan beri komentar anda
Terima kasih dan semoga bermanfaat



Saturday, May 30, 2015

0 comments:

Post a Comment