Definisi Singkatan/Istilah Boot Sequence Dalam Dunia Komputer

Friday, May 1, 2015

Setiap pertama kali komputer boot up, komputer melalui serangkaian awal proses. urutan kejadian tersebut bernama "Boot Sequence". Selama urutan boot, komputer akan mengaktifkan komponen perangkat keras yang diperlukan dan beban perangkat lunak yang sesuai sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan mesin.

Urutan boot dimulai dengan mengakses BIOS komputer pada Windows PC atau sistem ROM pada Macintosh. BIOS dan ROM berisi instruksi dasar yang memberitahu komputer bagaimana untuk boot. Instruksi ini kemudian diteruskan ke CPU komputer, yang mulai memuat informasi ke dalam RAM sistem. Setelah boot disk atau disk startup valid ditemukan, komputer mulai loading sistem operasi ke dalam memori sistem. Setelah sistem operasi selesai loading, komputer siap untuk digunakan.

Urutan boot bisa berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung pada konfigurasi komputer. Jika sistem booting dari CD atau DVD, waktu boot mungkin jauh lebih lama daripada jika komputer boot dari hard drive. Juga, jika komputer Anda dimatikan tiba-tiba, waktu boot dapat meningkatkan karena sistem dapat melakukan beberapa pemeriksaan tambahan untuk memastikan semua system dalam keadaan OK.

Demikianlah penjelasan singkat dari Definisi Singkatan/Istilah Boot Sequence Dalam Dunia Komputer



Friday, May 01, 2015

0 comments:

Post a Comment