Definisi Istilah Web 2.0 Pada Dunia Komputer

Tuesday, May 19, 2015

Web 2.0 adalah istilah yang diperkenalkan pada tahun 2004 dan mengacu pada generasi kedua dari World Wide Web. Istilah "2.0" berasal dari industri perangkat lunak, di mana versi baru dari program perangkat lunak yang diberi label dengan nomor versi inkremental. Seperti perangkat lunak, generasi baru dari Web mencakup fitur baru dan fungsi yang tidak tersedia di versi sebelumnya. Namun, Web 2.0 tidak mengacu pada versi tertentu dari Web, melainkan hanya beberapa perbaikan agar lebih baik dari versi sebelumnya.

Definisi Istilah / Singkatan Web 2.0 Pada Dunia Komputer
Source : nptechforgood.com

Beberapa contoh fitur yang dianggap sebagai bagian dari Web 2.0 adalah sebagai berikut:

Blog - juga dikenal sebagai Web Log, yang memungkinkan pengguna untuk memposting dan update tentang kehidupan mereka di Web.

Wiki - situs seperti Wikipedia dan lain-lain memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk menambah dan memperbarui konten online.

Social Network - situs seperti Facebook dan MySpace memungkinkan pengguna untuk membangun dan menyesuaikan sendiri profil mereka agar bisa berkomunikasi dengan teman-teman.

Aplikasi web - berbagai aplikasi baru memungkinkan pengguna untuk menjalankan program secara langsung di browser Web.

Teknologi Web 2.0 memberikan pengguna tingkat interaksi yang tidak tersedia pada versi sebelumnya. Website telah menjadi jauh lebih dinamis dan saling berhubungan, memproduksi "komunitas online" dan membuatnya lebih mudah untuk berbagi informasi di Web. Karena sebagian besar Web 2.0 menawarkan fitur layanan gratis, situs-situs seperti Wikipedia dan Facebook telah tumbuh pada tingkat yang luar biasa cepat. Dengan perkembangan Komputer,Internet dan Web yang terus tumbuh, akan ada lebih banyak fitur yang ditambahkan untuk mendukung teknologi di masa depan. Jadi, saat sekarang ini Web 2.0 mungkin yang terbaik di dunia Web, akan tetapi esok atau lusa mungkin  akan muncul teknologi baru di dunia Web, karena teknologi akan terus berkembang dan berubah.

Sekian dulu penjelasan secara singkat Definisi Istilah  Web 2.0 Pada Dunia Komputer. Jika ada yang ingin menambahkan atau mengoreksi artikel ini,silahkan beri komentar anda




Tuesday, May 19, 2015

0 comments:

Post a Comment