Definisi Istilah Burn Dan Beberapa Tips Untuk Burning CD Yang Sempurna

Saturday, May 2, 2015

Definisi Istilah Burn Dan Beberapa Tips Untuk Burning CD Yang Sempurna

Bila Anda melakukan "Burn disk," berarti anda sedang menulis data di dalamnya. Jika Anda mengambil tes SAT, analoginya akan terlihat seperti ini:

Hard Disk: Write

CD / DVD: Burn

Alasan istilah "Burn" digunakan untuk CD-writer atau burner,yang secara harfiah membakar data ke CD berarti menulis/write data. Sebuah laser di CD-writer dapat memutar ke tingkat yang lebih kuat daripada laser CD-ROM biasa. Hal ini memungkinkan untuk mengukir ribuan 1 dan 0 ke CD.

Jadi itulah sebabnya orang sering menyebut tentang "Burning" lagu atau file ke CD. Mereka bisa mengatakan "Write" data ke CD, dan itu mungkin lebih masuk akal, tapi karena orang-orang sudah terbiasa dengan penyebutan "Burn", maka istilah Burn lah yang di pakai untuk melakukan write data ke CD/DVD .

Untuk mendapatkan hasil burning CD yang sempurna bukanlah hal yang mudah. Tetapi Bekaskaki akan memberikan beberapa tips mudah untuk memperbaiki hasil burning CD.

Tips mudah untuk memperbaiki hasil burning CD :

1. Saat burning CD audio, proses burning sebaiknya dilakukan pada maksimal kecepatan 24x. Jika CD ditujukan untuk diputar di CD player pada sistem car audio sebaiknya burning CD pada kecepatan maksimal 4x. Hal tersebut untuk menghindari masalah kompatibilitas dengan CD player dan sistem error correction yang terdapat pada CD audio (terutama untuk sistem car audio). Proses burning tersebut akan membutuhkan waktu lebih lama, tapi hasilnya lebih terjamin.

2. ‘Finalize’ CD hasil burning. Hal ini juga berkaitan dengan kompatibilitas untuk kebanyakan CD player.

3. Gunakan media CD yang berkualitas. seperti Verbatim,Sony,Ritek

4. Ginakan selalu mode Disc-at-Once (daripada Track-at-Once). Multisession punya tingat kompatibilitas yang lebih rendah dibandingkan dengan single session.

5. Jika Anda membuat sebuah CD “mix”, pastikan untuk menormalkan level volume pada setiap track. Beberapa software burning menyediakan fasilitas ini. Atau Anda dapat melakukannya sendiri (dengan hasil yg lebih baik) menggunakan MP3Gain.



Saturday, May 02, 2015

0 comments:

Post a Comment