Definisi Singkatan / Istilah WPA (Wi-Fi Protected Access)

Tuesday, April 21, 2015

WPA singkatan dari "Wi-Fi Protected Access." adalah protokol keamanan yang dirancang untuk menciptakan jaringan nirkabel (Wi-Fi) agar aman. WPA mirip dengan protokol WEP, tetapi di WPA menawarkan fasilitas yang lebih baik dalam cara menangani security key dan user authorized.

Untuk transfer data yang terenkripsi, kedua sistem pada awal dan akhir transfer data harus menggunakan kunci enkripsi / dekripsi yang sama. WEP menyediakan setiap sistem yang berwenang dengan key yang sama (artinya,setiap komputer yang ingin mengakses wifi menggunakan satu password/key), WPA menggunakan TKIP (TKIP), yang secara dinamis mengubah kunci yang di gunakan oleh sistem (artinya,setiap komputer yang ingin mengakses wifi password/key nya masing'' berbeda tiap komputer). Hal ini untuk mencegah penyusup membuat kunci enkripsi mereka sendiri untuk mencocokkan yang digunakan oleh jaringan.

WPA juga mengimplementasikan sesuatu yang disebut Extensible Authentication Protocol (EAP) untuk otorisasi pengguna. Otorisasi komputer semata-mata didasarkan pada alamat MAC mereka, WPA dapat menggunakan beberapa metode lain untuk memverifikasi identitas masing-masing komputer. Hal ini membuat lebih sulit untuk sistem yang tidak sah untuk mendapatkan akses ke jaringan nirkabel.

Sekian dulu artikel tentang Definisi Singkatan / Istilah WPA (Wi-Fi Protected Access). Jika ada pertanyaan atau ingin mengoreksi artikel ini,silahkan beri komentar anda




Tuesday, April 21, 2015

0 comments:

Post a Comment