Definisi Istilah/Singkatan CDMA

Sunday, April 26, 2015


CDMA Singkatan dari "Code Division Multiple Access." adalah teknologi transmisi nirkabel yang dikembangkan selama Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menghindari transmisi mereka macet. Setelah perang berakhir, Qualcomm mempatenkan teknologi CDMA dan membuatnya tersedia secara komersial sebagai teknologi selular digital. Sekarang CDMA adalah sebagai metode komunikasi yang populer digunakan oleh banyak perusahaan ponsel.

Berbeda dengan teknologi GSM dan TDMA, CDMA mentransmisikan seluruh rentang frekuensi yang tersedia. Ini tidak menetapkan frekuensi tertentu untuk setiap pengguna pada jaringan komunikasi. Metode ini, yang disebut multiplexing, adalah apa yang membuat transmisi tersebut sulit untuk macet selama Perang Dunia II. Karena CDMA tidak membatasi rentang frekuensi masing-masing pengguna, ada lebih banyak bandwidth yang tersedia. Hal ini memungkinkan lebih banyak pengguna untuk berkomunikasi pada jaringan yang sama pada satu waktu daripada jika setiap pengguna diberi jatah rentang frekuensi tertentu.

Karena CDMA adalah teknologi digital, sinyal audio analog harus didigitalkan sebelum dikirim pada jaringan. CDMA digunakan oleh komunikasi nirkabel 2G dan 3G dan biasanya beroperasi di rentang frekuensi 800 MHz sampai 1,9 GHz.

Perbedaan antara GSM dan CDMA

Perbedaan mendasar dari teknologi CDMA adalah sistem modulasinya.Modulasi CDMA merupakan kombinasi FDMA (Frekuensi Division Multiple Access)dan TDMA (Time Division Multiple Access). Pada teknologi FDMA, 1 kanal frekuensi melayani 1 sirkuit pada satu waktu, sedangkan pada TDMA, 1 kanal frekuensi dipakai oleh beberapa pengguna dengan cara slot waktu yang berbeda. Pada CDMA beberapa pengguna bisa dilayani pada waktu bersamaan dan frekuensi yang sama, dimana pembedaan satu dengan lainnya ada pada sistem coding-nya, sehingga penggunaan spektrum frekuensinya teknologi CDMA sangat efisien.Kelebihan yang ditawarkan CDMA antara lain kualitas suara dan data, harga atau tarif yang lebih murah, investasi yang lebih kecil, dan keamanan dalam berkomunikasi (tidak mudah disadap).

Sekian dulu artikel tentang Definisi Istilah/Singkatan CDMA . Jika ada pertanyaan atau ingin mengoreksi artikel ini,silahkan beri komentar anda

Terima kasi telah berkunjung ke blog Bekaskaki



Sunday, April 26, 2015

0 comments:

Post a Comment