Definisi Dan Pengertian Microkernel

Sunday, April 19, 2015

Mikrokernel adalah kernel minimalis yang dirancang untuk menjadi sekecil mungkin dan berisi kode dasar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan perangkat keras dan memuat sistem operasi.

Kebanyakan kernel modern, kadang-kadang disebut "monolithic kernels" berisi beberapa juta baris kode. Sebagai contoh, Linux kernel 3.0 mencakup lebih dari 15 juta baris. Di sisi lain,Microkernels, umumnya mengandung kurang dari 10.000 baris kode. Mereka mampu mempertahankan ukuran kecil dengan memuat sebagian proses sistem dalam mode user daripada kernel itu sendiri.

Sebuah kernel monolitik mencakup driver perangkat, dukungan sistem file, dan komunikasi antar-proses (IPC) protokol untuk aplikasi. Sebuah mikrokernel hanya mencakup sistem dasar IPC protokol dan fungsi manajemen memori. Segala sesuatu yang lain dimuat dalam mode user (ketika pengguna log on). Hal ini membuat ukuran kernel kecil dan juga menyediakan tipe modular dari OS sejak driver kustom dan sistem file dapat dimuat oleh kernel.

Microkernels yang populer pada 1980-an karena memori dan penyimpanan sistem komputer awalnya memiliki keterbatasan. Sementara microkernel masih digunakan oleh beberapa OS server. sebagian besar sistem operasi sekarang ini, seperti Windows dan OS X, telah menggunakan kernel monolitik.



Sunday, April 19, 2015

0 comments:

Post a Comment