Definisi Dan Pengertian Istilah RAID Pada Komputer

Monday, March 16, 2015


Singkatan dari "Redundant Array of Independent disks." RAID adalah metode menyimpan data pada beberapa disk. Ketika disk disusun dalam konfigurasi RAID, komputer melihat mereka semua sebagai salah satu disk yang besar. Namun, mereka beroperasi jauh lebih efisien daripada hard drive tunggal. Karena data yang tersebar di beberapa disk, membaca dan menulis operasi dapat bertahan pada beberapa disk sekaligus.

Hal ini dapat mempercepat hard drive waktu akses secara signifikan. Beberapa hard drive mungkin tidak meningkatkan kinerja hard drive sebanyak beberapa prosesor dapat meningkatkan kinerja CPU, tetapi berdasarkan pada logika yang sama.

Manfaat RAID berasal dari teknik yang disebut "striping," yang terpecah data yang disimpan di antara drive yang tersedia. Ukuran "stripes" data biasanya hanya beberapa megabyte dan disisipkan antara drive. Sistem striping juga meningkatkan waktu yang berarti antara kegagalan (MTBF), saat membaca data. Hal ini memungkinkan lebih banyak data untuk dibaca secara tepat dalam waktu yang singkat.

Manfaat dari sistem RAID terutama terlihat ketika menyimpan data dalam jumlah besar. Oleh karena itu, banyak web hosting dan Internet Service Provider menggunakan RAID untuk menyimpan data untuk pelanggan mereka



Monday, March 16, 2015

1 comments: