Definisi OpenGL (Open Graphics Libarary)

Tuesday, November 4, 2014


OpenGL singkatan dari Open Graphics Library adalah bahasa grafis 3D yang di kembangkan oleh Silicon Graphic. Sebelum openGl tersedia,pengembang perangkat lunak harus menulis kode grafis 3D untuk setiap platform sistem operasi dan perangkat keras grafis yang berbeda.

Namun,dengan OpenGL pengembang dapat membuat grafis dan efek khusus yang akan muncul hampir identik dengan sistem operasi atau perangkat keras yang mendukung OpenGL. Hal ini membuat pengembang game 3D dan program 3D untuk lebih mudah bagi mereka membuat membuat game dan program tersebut untuk berbagai platform.

Jadi bagaimna tepatnya kerja OpenGL??..Ketika programer menulis kode OpenGL,mereka menentukan seperangkat perintah. Setiap perintah mengeksekusi drawing action dan menciptakan efek khusus. Dengan menggunakan ratusan bahkan ribuan perntah OpenGL,programer dapat membuat 3D world yang mencakup efek khusus seperti texture mapping,transparansi,hidden surface removal,antialiasing,kabut,dan efek pencahayaan. Jumlah yang tidak terbatas untuk viewing dan modeling transformation dapat di terapkan ke objek OpenGL.



Tuesday, November 04, 2014

0 comments:

Post a Comment