Definisi Istilah Open Source

Tuesday, November 4, 2014

Ketika sebuah program adalah Open Source,berarti source kode program tersebut tersedia secara bebas untuk umum. Tidak seperti perangkat lunak komersial,program open source dapat di modifikasi dan di distribusikan oleh siapapun dan sering di kembangkan oleh komunitas bukan sebuah organisasi.

Karena source kode dari program open source dapat di kembangkan oleh siapapun,oleh karena itu program tersebut dapat di download dan di gunakan secara bebas. Term of use sering di definisikan oleh GNU (General Public License) yang berfungsi sebagai software license agreement (SLI) untuk banyak program open source. Pengembangan software/program open source sering di danai oleh pihak yang berkepentingan dengan proyek,dengan sumbangan pengguna maupun melalui iklan. Beberapa pengembang juga menghasilkan pendapatan dengan menjual dokumnetasi dan bantuan manual perangkat lunak tersebut.


Karena perangkat lunak open source bebas untuk di gunakan,biasanya tidak ada dukungan tehknis disertakan dengan perangkat lunak. Sebaliknya,pengguna mungkin perlu bergantung pada web forum atau user discussion untuk melaporkan bug. Untungnya,untuk beberapa program open source yang populer memilki banyak helpful resource di web.

Beberapa program open source yang populer terasuk sistem operasi Linux,Web browser mozilla firefox,dan OpenOffice.org. Masing masing proyek open source tersebut telah di kembangkan oleh komunitas pengembang dan telah memperoleh popularitas yang menyaingi beberapa program program komersial.

Perangkat lunak open source dapat menjadi cara yang efektif untuk menghemat biaya untuk menjalankan berbagai jenis program di komputer. Namun perlu di ingat bahwa program open source tdak di dukung oleh perusahaan komersial. Jadi,jika memiliki masalah terhadap program open source kemungkinan besar anda tidak akan mendapat dukungan teknis dari pengembang.



Tuesday, November 04, 2014

0 comments:

Post a Comment