Definisi Istilah HTTPS Dalam Dunia Komputer Dan Internet

Thursday, November 13, 2014

HTTPS singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure adalah hal yang dengan HTTP,tetapi HTTPS menggunakan Secure Socket Layer ( SSL ) untuk tujuan keamanan. Beberapa contoh situs yang menggunakan HTTPS adalah situs perbankan dan investasi,situs e-commerce,dan sebagain besar situs yang mengharuskan kita login.

Website yang menggunakan standart HTTP untuk mengirim dan menerima data secara aman,memungkinkan seseorang untuk menguping data yang yang di transfer antara pengguna dan web server. Oleh karena itu,sebagian besar website menggunakan protokol https untuk melindungi transfer data dengan cara mengenkripsi data yang di kirim bolak balik menggunakan enkripsi ssl. Jika ada seseorang yang ingin mengambil/menangkap data yang di transfer melalui https,akan ketahuan.

Anda dapat mengetahui apakah sebuah situs aman atau tidak dengan melihat url di kolom address browser. Jika alamat situs di mulai dengan https:// itu berarti situs yang anda kunjungi aman. Kebanyakan browser juga akan menampilkan icon kunci/gembok di kolom address browser. Anda dapat mengklik icon tersebut untuk melihat sertifikasi aman yang mengotentifikasi situs web tersebut.

Jadi,jika anda mengunjungi sebuah situs dan meminta untuk memasukkkan informasi pribadi,pastikan bahwa url situs di awali dengan HTTPS  dan terihat icon kunci/gembok




Thursday, November 13, 2014

0 comments:

Post a Comment