Definisi Dan Pengertian Istilah Unicode

Friday, November 28, 2014

Unicode adalah standar pengkodean karakter yang universal. Mendefinisikan cara karakter indivudu yang di wakili dalam teks,haaman web,dan jenis - jenis dokumen lainnya.

Tidak seperti ASCII, yang hanya di rancang untuk mewakili karakter bahsa inggris dasar. Unicode di rancang untuk mendukung karakter dari semua bahasa di seluruh dunia. Karakter ASCII standar yang di tetapkan hanya mendukung 128 karakter, sedangkan Unicode dapat mendukung karakter hingga 1.000.000. ASCII juga hanya mendukung satu byte untuk mewakili masing masing karakter , Unicode mendukung hingga 4 byte untuk masing masing karakter.

Terdapat beberapa jenis pengkodean di Unicode tetapi yang paling populer adalah UTF - 8 dan UTF - 16. UTF-8 telah menjadi pengkodean karakter standar yang digunakan di Web dan juga encoding default yang digunakan oleh banyak program perangkat lunak. UTF-8 mendukung hingga empat byte per karakter, itu akan menjadi tidak efisien menggunakan empat byte untuk mewakili karakter yang sering digunakan. Oleh karena itu, UTF-8 hanya menggunakan satu byte untuk mewakili karakter bahasa Inggris umum. Eropa (Latin), Ibrani, dan huruf Arab yang diwakili dengan dua byte, sementara tiga byte digunakan untuk Cina, Jepang, Korea, dan karakter Asia lainnya. Karakter Unicode tambahan dapat diwakili dengan empat byte.



Friday, November 28, 2014

1 comments: