Definisi Dan Pengertian Istilah ASCII Dalam Dunia Komputer

Saturday, November 29, 2014


ASCII singkatan dari American Standard Code for Information Interchange merupakan karakter encoding yang meneyediakan cara standar untuk mewakili karakter menggunakan kode numerik. termasuk huruf besar dan kecil english letter,angka,dan simbol tanda baca.

ASCII menggunakan 7 bit untuk mewakili masing masing karakter. Sebagai contoh, huruf kapital "T" di wakili dengan jumlah 84 dan huruf kecil "t" di wakili dengan 116. Tombol keyboard yang juga di petakan ke dalam nilai ASCII standar. Sebagai contoh, Tombol ESC (escape) di representasikan sebagai 27 dan dan DEL (delete) di representasikan sebagai 32. Kode ASCII juga dapat di tampilkan ke dalam nilai hexadesimal bukannya angka desimal seperti yang di sebutkan di atas. Sebagai contoh, nilai hexadesimal dari tombol ESC adalah "1B" dan tombol DEL "7F"

Sejak ASCII menggunakan 7 bit, hanya mendukung nilai  2 ^ 7, atau 128. Oleh karena itu,standar set karakter ASCII terbatas pada 128 karakter. Hal tersebut sudah cukup untuk mewakili semua huruf standar english letter seperti huruf,angka,dan tanda baca. Tetapi tidak cukup untk mewakili semua karakter khusus atau karakter dari bahasa lain. Bahkan setelah ASCII di perpanjang yang mendukung nilai 8 bit atau 256 karakter, hal itu juga belum cukup untuk secara akurat mewakili semua bahasa. Oleh karena itu, untuk memenuhi semua itu di butuhkan set karakter lainnya seperti Latin-1 (ISO-8859-1), UTF-8, dan UTF-16 yang biasanya di gunakan untuk dokumen dan halaman web yang memerlukan lebih banyak karakter.



Saturday, November 29, 2014

0 comments:

Post a Comment