Arti Singkatan/Istilah MBR ( Master Boot Record ) Pada Komputer

Tuesday, November 4, 2014

MBR singkatan dari Master Boot Record adalah bagian terkecil dari hard disk atau media penyimpanan lainnya yang berisi tentang informasi disk tersebut. Terletak pada Boot sector dan mendefinisikan partisi disk serta kode yang di gunakan untuk memulai boot.


Terdapat beberapa variasi dalam MBR,tetapi semua MBR memiliki ukuran 512 byte yang berisi tabel partisi dan kode bootstrap. Master boot record modern mungkin berisi signature,timestamp,dan format informasi disk lainnya.

MBR pada awalnya hanya mendukung 4 partisi dan versi terbaru mendukung hingga 16 partisi. Akan tetapi MBR terbatas pada 512 byte,yang berarti MBR hanya dapat address data hingga 2 terabyte. Oleh karena itu disk yang di format menggunakan MBR di batasi hanya 2 terabyte space yang bisa di gunakan.

MBR pertama kali di gunakan oleh PC-DOS compatible pada tahun 1983 dan merupakan cara standar untuk format disk selama lebih dari dua dekade. Namun,sebagian besar Hard drive sekarang menggunakan tabel partisi GUID (GPT) yang kompatible dengan beberapa sistem operasi dan tidak terbatas pada 2 terabyte saja.



Tuesday, November 04, 2014

0 comments:

Post a Comment