Definisi Partisi Pada Hard Disk

Tuesday, October 14, 2014


Sebuah partisi adalah bagian dari hardisk. Jika kita memformat Hard Disk, biasanya kita memilih jumlah partisi yang di inginkan. Komputer akan mengenali partisi sebagai disk yang terpisah,yang masing - masing akan muncul di bawah My Computer. Jadi Partisi adalah sarana penyimpanan dalam hard disk yang terpisah secara logis dan berfungsi seolah olah bagian tersebut terpisah secara wujud.

Mengapa kita harus membuat partisi pada hardisk??,,ada dua alasan utama, salah satunya adalah jika kita ingin memakai dua system operasi pada komputer. Biasanya,jika ingin menginstall dua sistem operasi pada komputer,masing masing sistem operasi harus di install berbeda partisi agar tidak terjadi konflik. Alasan lainnya,dengan memiliki beberapa partisi pada hard disk dapat meningkatkan efisiensi kinerja hard disk.

Pada hard disk dengan kapasitas besar,jumlah cluster nya (jumlah minimum ruang file) lebih besar dari hard disk yang berkapasitas kecil. Dengan membagi hard disk menjadi beberapa partisi,akan memberikan kita lebih banyak space untuk menyimpan data dan tidak mengganggu kinerja sistem operasi. "Partisi" juga dapat di gunakan sebagai kata kerja yang berarti membuat partsi pada hard disk.



Tuesday, October 14, 2014

0 comments:

Post a Comment