Definisi Istilah WiMax Dalam Dunia Komputer

Sunday, October 5, 2014

WiMAX adalah komunikasi nirkabel yang di rancang umtuk membuat Wide Area Network (WAN), hampir sama dengan Wi-Fi tetapi WiMAX mempunyai cangkupan area yang lebih luas. Sinyal Wi-Fi hanya dapat mencakup sekitar beberapa ratus meter,sedangkan WiMAX bisa mencakup area sebesar 30 kilometer dan dapat di Broadcast hingga 10 mil.

Definisi WiMax
WiMAX

Wi-Fi baik untuk perkantoran maupun kedai - kedai kopi,cafe,karena Wi-Fi tidak bagus untuk area yang luas. Namun Wi-Fi dapat di pakai untuk area yang luas  dengan menambahkan beberapa repeater Wi-Fi ke beberapa titik pada area yang tersebar di beberapa mil,tetapi hal tersebut tidak begitu efisien karena biasanya memerlukan perawatan yang banyak.

Untuk mencakup area yang lebih besar,kita harus menggunakan WiMAX karena menggunakan pemancar tunggal ntuk beberapa mil. Hal ini membuat WiMAX lebih bagus untuk cakupan daerah yang lebih besar.


WiMAX juga biasa di sebut IEEE 802.16. yang mirip dengan spesifikasi teknis Wi-Fi dari 802.11. Hal tersebut di anggap sebagai generasi kedua dari Broadband Wireless Access ( WBA ) dan kemungkinan besar akan di gunakan bersamaaan dengan Wi-Fi daripada menggantinya.

Sejak WiMAX memiliki jangkauan yang lebih besar,WiMAX sering di pakai untuk wireless access nirkabel sebuah kota dan daerah besar lainnya,bahkan beberapa orang menyatakan bahwa pada akhirnya WiMAX mungkin akan mampu menyebar wireless access nirkabel/akes internet ke seluruh dunia.



Sunday, October 05, 2014

0 comments:

Post a Comment