Definisi Istilah DOS Pada komputer

Saturday, October 25, 2014

DOS singkatan dari Disk Operating System adalah sistem operasi pertama yang di gunakan oleh komputer IBM-Compatible. Pada awalnya tersedia dua versi yang pada dasarnya sama,namun di pasarkan dalam dua nama yang berbeda. PC-DOS adalah versi yang di keluarkan oleh IBM sedangkan MS-DOS adalah versi yang di keluarkan oleh Microsoft,dan di bundled ke dalam versi pertama Windows.



DOS menggunakan command line atau perintah berbasis text yang memungkinkan pengguna untuk mengetik perintah. Dengan mengetik instruksi sederhana seperti pwd (print working directory) atau cd (change directory),pengguna dapat mencari,membuka,dan menjalankan program. Sementara,perintah sederhana untuk mengetik pengguna harus mengetahui perintah - perintah dasar menggunakan DOS (seperti unix).

Hal tersebut yang membuat sebagian pengguna agak sulit untuk menggunakan DOS apalagi untuk pemula. Akan tetapi,Microsoft kemudian membundle DOS dengan sistem operasi Windows grafis.

Versi pertama dari Windows (melalui Windows 95),berjalan di atas sistem operasi DOS. Itulah sebabnya banyak file DOS yang terkait (Seperti INI,DLL,dan COM) masih di gunakan oleh Windows. Namun sistem operasi Windows di tulis ulang menggunakan Windows NT (new technology)  yang memungkinkan Windows untuk berjalan sendiri tanpa menggunakan DOS. Seperti,windows vista,XP,dan 2000 yang tidak menggunakan DOS.



Saturday, October 25, 2014

0 comments:

Post a Comment