Definisi Dan Pengertian Virtual Memory Pada Komputer

Friday, October 10, 2014

Memory adalah perangkat keras/hardware pada komputer yang berfungsi untuk me-load system operasi dan menjalankan program/software. Memory terdiri dari satu atau lebih chip RAM,yang masing masing memiliki beberapa modul memory. Jumlah memory nyata pada komputer terbatas pada jumlah RAM yang terpasang pada komputer. Ukuran memory umum yang di gunakan adalah 256MB,512MB,1GB,2GB,4GB.


Karena komputer memiliki jumlah RAM yang terbatas, memungkinkan komputer kehabisan memory ketika terlalu banyak program yang berjalan pada satu waktu. Pada saat itulah Memory Virtual berfungsi. Virtual Memory meningkatkan jumlah space pada memory komputer dengan memperbesar "address space" atau tempat di dalam memory dimana data di simpan. Hal ini dilakukan dengan mengambil space hard disk untuk alokasi memory tambahan. Namun,karena kinerja hard disk lebih lambat dari RAM maka data yang di simpan di dalam virtual memory harus di petakan kembali ke memori nyata untuk di gunakan.

Proses pemetaan data bolak balik antara hard disk dan RAM membutuhkan waktu yang agak lama di banding mengakses langsung dari memory. Itu berarti dengan memakai terlalu banyak virtual memory akan membuat komputer menjadi agak lambat. Jadi,solusi yang terbaik menurut saya adalah dengan menambah memory fisik agar komputer dapat menjalankan sebagian besar program langsung dari memory fisik/RAM dan juga menghindari pemakaian virtual memory.

Dengan memiliki RAM yang lebih juga membuat komputer bekerja lebih sedikit sehingga membuat komputer lebih cepat dalam memproses data atau menjalankan program.



Friday, October 10, 2014

0 comments:

Post a Comment