Definisi Istilah Boolean ( Logika Boolean )

Tuesday, September 23, 2014


Definisi Boolean atau Logika Boolean adalah bagian dari aljabar yang di gunakan untuk membuat pernyataan True atau False. Boolean menggunakan operaator AND, OR, XOR dan NOT untuk membandingkan nilai nilai dan mengembalikan hasil True atau False.

Dibawah ini beberapa contoh operator Boolean :

x AND y : mengembalikan True jika x dan y benar, Mengembalikan False jika x dan y salah

x OR y : mengembalikan True jika x atau y,atau keduanya benar,mengembalikkan False hanya jika x dan y salah

x XOR y : Mengembalikan True jika hanya x atau y benar,mengembalikan False  jika x dan y benar atau x dan y salah

NOT x : Mengembalikan True jika jika x salah,mengembalikan False jika x benar

Komputer beroperasi dalam biner (angka satu dan nol) sehingga logika komputer sering di nyatakan dalam istilah Boolean. Sebagai contoh, pernyataan yang benar bernilai 1 sedangkan yang pernyataan yang salah bernilai 0.

Sebagian besar pernyataan dalam komputer membutuhkan pernyataan True atau False yang lebih,sehingga komputer melakukan perhitungan yang kompleks dengan menghubungkan beberapa biner atau Boolean secara bersama sama. Ekspresi Boolean Complex biasa di nyatakan sebagai serangkain gerbang logika.

Ekspresi Booelan telah di dukung oleh sebagian mesin pencari. Jika anda memasukkan kata kunci di mesin pencari,anda dapat mempersempit hasil pencarian dengan menggunakan operator Boolean. Contonya jika anda ingin mencari artikel tentang Apple iMac tetapi anda ingin menghindari hasil pencarian tentang buah apple bisa menggunakan kata kunci "Apple iMac NOT fruit".

Sekian dulu definisi boolean. Jika anda ingin menambahkan, silahkan beri komentar anda.



Tuesday, September 23, 2014

0 comments:

Post a Comment